oleh

Kabupaten Pati Pemasok TKI Tertinggi Ke-2 Se-Jawa Tengah

Mitrapost.com, Pati –  Masih Maraknya TKI ilegal yang bermasalah diluar negeri mendapat perhatian serius dari Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah, M. Pd, MM., bahkan menurutnya terobosan Pemerintah yang memberlakukan deposit sebesar 25 juta rupiah menjadi salah satu harapan untuk menekan TKI illegal.
“Pemberlakuan deposit bagi pemohon paspor sangat sangat menekan, karena masyarakat yang ingin bekerja, tentunya tidak memiliki uang sebanyak itu, sedangkan masyarakat yang ingin berekreasi pastinya memiliki uang lebih dari itu, Sehingga menjadi harapan untuk menekan meningkatnya jumlah TKI illegal,” ujarnya.
Meskipun hingga sekarang, surat edaran yang memberlakukan aturan itu sudah dicabut, sehingga kemungkinan besar celah meningkatnya TKI illegal bias saja terjadi. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat melakukan kontrol, terlebih kepada instansi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, termasuk saat penerbitan paspor harus benar-benar dikontrol, jangan sampai ada yang main mata.
Sementara itu, hingga sekarang ini kabupaten Pati menjadi pemasok TKI tertinggi kedua se-Jawa tengah, sehingga upaya pemerintah pusat akan ada pelayanan satu atap pelayanan administrasi bagi calon TKI, sehingga akan lebih ada penekanan.
“Selain akan ada layanan satu atap, bagi calon TKI yang akan berangkat bekerja keluar negeri, agar memilih jalur resmi dengan melalui PJTKI yang resmi,” pungkasnya. (Anto/Syifa).

Baca Juga :   Penggunaan Kantong Plastik di Toko Modern Turun 3 Kilo per Hari

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Berita Terkait