Prioritas Pemkab Pati di Tahun 2018, Masyarakat Miskin Akan Diperhatikan

0
109
Musrenbang Di pendapa Setda Pati beberapa Waktu lalu.

Mitrapost.com, Pati – Untuk menyelaraskan rencana pembangunan ditahun 2018, Pemerintah Kabupaten Pati bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih menggunakan data ditahun sebelumnya dengan melakukan penyempurnaan sekaligus memasukkan program baru untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam Musrenbang yang di gelar di Pendapa Setda pati tersebut, ada skala prioritas dari Bupati haryanto, yakni program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Pati yang diikuti dengan program infrastruktur.

“Kita lihat dari prosentase angka kemiskinan kita masih cukup tinggi. Namun tidak termasuk dalam kategori warna merah, karena masih disekitar 11 persen. Pada saat 2012, saya masuk masih di kisaran 13 persen, dan Alhamdulilah karena komitmen kita bersama, sekarang sudah turun 2 persen,” ungkap haryanto.

Sementara, data pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pati masih berada diatas rata-rata dari pertumbuhan ekonomi di tingkat provinsi dan nasional. Di tahun 2014 tercatat 4,63 persen angka pertumbuhan ekonomi dan pada tahun-tahun sebelumnya bertahan di angka 4 sekian persen. Namun di tahun 2016, meningkat menjadi 5,98 persen.

“Kita di atas provinsi di atas nasional. Di provinsi hanya 5,4 persen, di nasional hanya 5,1 persen. Itu pertanda bahwa program yang kita berikan ke masyarakat sangat berdampak,” tandasnya.

Bahkan, menurutnya Pertumbuhan angka perekonomian di Pati juga diiringi jumlah pernurunan angka pengangguran. Pada tahun 2012 lalu, tercatat angka pengangguran sekitar 13 persen, Kini semakin menurun dikisaran 4 persen. Tentunya hal tersebut karena masuknya investasi di kabupaten Pati progessif menurunkan pengangguran. (Anto/syfa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here