Petani Desa Tawangharjo Gunakan Burung Hantu Untuk Membasmi Hama Tikus

0
36
Bupati Haryanto Memperlihatkan hama Tikus

Mitrapost.com, Wedarijaksa, Pati – Upaya Pemerintah Kabupaten Pati dalam melakukan pendampingan kepada petani dinilai sangat berdampak, salah satunya upaya pemkab pati melalui dinas terkait yang mendorong penggunaan musuh alami yakni burung Hantu (Tyto Alba).

Seperti yang diterapkan para petani di Desa Tawangharjo Kecamatan Wedarijaksa telah membuktikan dengan memperbanyak pembuatan rumah-rumah burung hantu (rubuha) di persawahan.

Sebelumnya dikawasan persawahan di Desa Tawangharjo Kecamatan Wedarijaksa, merupakan daerah endemis hama tanaman padi jenis tikus. Tapi, sejak penggunaan burung hantu, mampu menurunkan populasi hama pengganggu tanaman padi itu.

Kades Tawangharjo  Sudarmono mengatakan,  pada 2014 lalu, petaninya mengalami gagal panen, akibat serangan hama tikus yang merajalela. Satu-satu upayanya, meniru keberhasilan petani Desa Babalan Kecamatan Gabus, yang mengantisipasi hama tikus dengan memanfaatkan burung hantu.

“Kita pernah mendatangi tempat karantina tito alba (burung hantu) didesa babalan, gabus. Kemudian dari petani berswadaya mendirikan karantina itu. Namun karena adanya biaya, akhirnya membentuk karantina semi permanen dari bambu,” ungkap Sudarmono.

Lebih lanjut, menurut Kades tawangharjo, Sejak penggunaan burung hantu tersebut, berangsur-angsur serangan hama tikus, berkurang

Sementara itu, Bupati Haryanto mengungkapkan penurunan populasi hama tikus yang menyerang tanaman padi petani itu, karena sekarang mulai banyak dibuat rumah-rumah burung hantu (rubuha). Sehingga burung hantu yang ditempatkan di rubuha-rubuha itu, akan memangsa tikus yang hendak merusak tanaman padi.
“Sudah barang tentu secara alami itu akan berkurang. Oleh karena itu, bapak-bapak kelompok tani mendapatkan sebagian kecil, bagian keberhasilan bapak-bapak mengembangkan burung hantu dan robuha  ini,” ujarnya.

Bupati Pati Haryanto berharap, kelompok tani sedapat mungkin swadaya iuran untuk pembuatan rubuha-rubuha, dan Pemerintah tetap akan memberikan dukung pendanaan melalui APBD, agar dapat meringankan mereka. (Anto/syfa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here