Penyandang Disabilitas Di Pati Ikuti Ujian SIM D

0
101
Peserta Uji SIM D Bagi Penyandang disabilitas didampingi petugas Satlantas Polres Pati

Mtrapost.com, Pati – Penyandang disabilitas di Pati mengikuti uji SIM khusus bagi penyandang disabilitas. Uji sim yang diikuti sebanyak 16 peserta dari kaum disabilitas ini nantinya untuk memperoleh SIM D khusus kaum disabilitas untuk berkendara dijalan raya.

Ketua Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Pati, Suratno, mengungkapkan pihaknya belum mengetahui jika ada persamaan hak bagi kaum berkebutuhan khusus perihal permohonan SIM.

“Setelah sekian lama, akhirnya kemarin Satlantas Polres Pati memberikan informasi jika penyandang disabilitas itu bisa memohon sim, akhirnya kami gerakan teman-teman segera membuat SIM D,” ungkapnya, Rabu (26/4).

Suratno menjelaskan, kepemilikan SIM bagi pengendara motor sangat penting, selain menyangkut izin, SIM juga berfungsi untuk memenuhi persyaratan mengurus asuransi jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang menimpa penyandang disabilitas.

“Kalau tidak dapat asuransi kan kasihan, sudah kondisinya seperti itu, berobat sendiri, perbaikan motor sendiri. Permohonan dan uji SIM ini dipermudah dari pihak Satlantas Polres Pati.

Sementara itu, Kapolres, melalui Kasatlantas Polres Pati, AKP. Ikrar Potawari, SH,. SIK., menjelaskan, pemohon SIM D itu difasilitasi melalui program ramah disabilitas. Sehingga penyandang disabilitas melakukan uji SIM menggunakan kendaraan masing-masing, mengingat modifikasi kendaraan disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

 “Penyandang disabilitas materinya dan perlakuan sama, dengan ujian teori dan praktik, lantaran pihak Satlantas belum memiliki kendaraan praktik untuk penyandang disabilita. Sehingga mereka menggunakan kendaraan masing-masing,” ungkap AKP. Ikrar Potawari.

Reporter : Anggara Putra

Redaktru : SA Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here