Tak Perlu Repot, Mendaftar BPJS Kesehatan Bisa Lewat Telepon

0
136
Kepala BPJS Kesehatan, Sekda Kabupaten Pati bersama Awak Media Berphoto Bersama Saat Konferensi Pers Virtual Service dan Perluasan Kanal Pendaftaran Peserta JKN-KIS.

Mitrapost.com, Pati – Upaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) secara terus menerus diupayakan BPJS Kesehatan dengan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya dengan menambah kanal pendaftaran melalui mekanisme pendaftaran via telepon BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Dalam konferensi pers Virtual Service dan Perluasan Kanal Pendaftaran Peserta JKN-KIS, Senin siang (15/5), Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pati, Rahmad Widodo mengungkapkan, perluasan kanal pendaftaran tersebut, agar masyarakat semakin mudah mendaftarkan sebagai peserta JKN-KIS. Karena diupayakan target pada tahun 2019 mendatang, 95 persen penduduk di Pati, harus ikut kepesertaan BPJS Kesehatan.  Karena kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kabupaten Pati baru sekitar 60,2%.

“Sehingga kita memberikan informasi kemudahan mendaftar. Sekarang masyarakat tidak perlu datang ke BPJS Kesehatan. Namun cukup mendaftar melalui virtual account yang kami berikan tadi.  Bisa melalui telepon seluler, call center, dan kita membuka pendaftaran dropbox yang kita taruh di kecamatan-kecamatan,” ungkapnya.

Rahmad Widodo menjelaskan lebih lanjut, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 15004 400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor handphone, Alamat Domisili/Tempat Tinggal (Untuk Pengiriman Kartu) dan Alamat Email. Setelah syarat di atas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Calon peserta akan dilayani oleh Agent Care Center, rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Pati, Sri Sudarti menambahkan, kemudahan yang diberikan tersebut, bagi calon peserta mendaftar bisa langsung melalui call center.  Data-data yang sudah terinput di data base pusat, BPJS Kesehatan akan menerbitkan virtual account, untuk melakukan pembayaran di bank.  setelah terbayar, secara system calon peserta akan menerima link untuk mencetak ID Kartu sementara, yang bisa dipakai sambil menunggu pengiriman kartunya sampai dirumah pemohon.

“Jadi calon peserta tidak perlu datang, cukup telpon saja. Syaratnya memang calon peserta yang mendaftar harus memiliki NIK KTP elektronik, rekening bank, dan KK. Sebelumnya sistim berhasil diujicobakan di Kabupaten Semarang dan di wilayah Yogyakarta,” ujarnya.

Selain melalui call center, dalam perluasan kanal pendaftaran, BPJS Kesehatan Pati juga mengembangkan, pendaftaran melalui dropbox yang diujicobakan di Kecamatan Cluwak dan Kecamatan Sukolilo sebagai upaya jemput bola,  dan menjalin kerja sama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Dalam konferensi pers selain dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Pati, sejumlah awak media, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Desmon Hastiyono yang sekaligus menjadi narasumber. (Asyifa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here