Sosok Hakim Cantik Seabreg Tugas Segudang Prestasi

0
1004
Niken Rochayati, SH, MH., Hakim PN Kelas 1 A Pati / Photo Dokumentasi Pribadi For Mitrapost.com

Mitrapost.com, Pati – Niken Rochayati, Salah satu Hakim yang kesehariannya bertugas di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Pati, Sekarang ini mendadak viral, bak pemain sinetron yang stripping kejar tayang.

Bagaimana tidak???, wanita cantik kelahiran Jakarta 8 Mei 1980, telah berhasil melakukan mediasi perkara kasus ibu dan anak  yang heboh di media lokal dan sosial media.

Menurut niken yang sekarang ini memilih berhijab mengungkapkan perkara itu sempat menjadi sorotan warga, penuh muatan media yang dipelintir dijadikan komoditi berita. Namun hal itu menjadi tantangan baginya sebagai hakim mediator, pada akhirnya permasalahan itu berakhir damai, hal tersebut menurutnya jarang sekali terjadi.

“Iya mas, Alhamdulilah, kemarin setelah beberapa kali menggelar mediasi dengan kedua belah pihak. Akhirnya, dapat diselesaikan dengan damai. Tapi iya itu, setelah berhasil mediasi, awak media enggan mempublikasikan, padahal sebelumnya luar biasa pemberitaannya,”ungkap Niken Rochayati, diruang kerjanya.

Selain bertugas sebagai hakim, wanita murah senyum itu juga dipercaya menjadi penanggung jawab hubungan masyarakat (Humas) di PN Pati, dengan seabreg tugas yang harus dijalani.

Bahkan, menurutnya pernah mendapati complain dari masyarakat dan sejumlah awak media, karena kesulitan saat liputan di persidangan. Hal itulah membuat dirinya tertantang untuk membangun komunikasi yang efektif guna kemajuan tempatnya bekerja.

“Pernah ada kejadian, ada wartawan complain karena kesulitan saat pengambilan gambar dalam persidangan, bersamaan juga banyak pelapor lainnya dengan complain yang sama, itulah yang menjadi tantangan untuk membangun komunikasi yang efektif,” tuturnya.

Menjadi Hakim sekaligus menjadi humas menurutnya sangat menantang dalam kehidupannya, meskipun berat dirinya tetap menjalaninya dengan enjoy. “Dibuat enjoy saja mas, dinikmati dengan bekerja maksimal,” lanjutnya.

Mengawali karier sebagai calon hakim di PN kelas 1 B Sumber Jawa Jarat, Niken sapaan akrabnya, juga pernah bertugas diberbagai Pengadilan Negeri, diantaranya PN Kelas II Lahat Sumatra Selatan, PN kelas II Kalianda Lampung, PN kelas 1 B Metro Lampung dan terakhir di PN Kelas 1 B Pati. Karena berkat kerja kerasnya sebagai customer focus saat akreditasi berkerjasama dengan tim lainnya, PN Pati berhasil mendapatkan Akreditasi A dengan nilai tertinggi kedua se-Jawa Tengah dan mendapatkan ISO. Melalui proses panjang itulah akhirnya PN Pati sekarang beralih status Kelas 1 A.

Sebelumnya Niken menyelesaikan Strata satunya di fakultas hukum universitas islam Bandung, dan Pasca sarjananya di Universitas Lampung. Bahkan saat menempuh dijenjang sekolah menengah, dirinya rela berpindah-pindah sekolah karena bapaknya juga seorang hakim.

“Almarhum Bapak juga seorang hakim, jadi saya sekolahnya juga pindah-pindah, tergantung bapak berdinas dimana,” ungkap Niken Rochayati dengan penuh haru.

Menjalani rutinitas yang sangat padat, termasuk menjadi Dosen tidak tetap di Universitas swasta. Niken yang sekarang ini berstatus single parent hidup bersama anak semata wayang Adnaan Zaheer Gumanti untuk tetap meluangkan waktunya bersama anak dan ibunya yang sekarang tinggal bersama.

“Selain di PN Pati, kebetulan ada rutinitas mengajar di Perguruan Tinggi swasta, namun saat week end pasti ada waktu bersama dengan keluarga dan sahabat,’ tuturnya.

Kecantikan putri kedua pasangan almarhum Djoko Soejatno dan wiwiek sajekti indah itu terkadang membuat orang tak percaya saat dia menanggalkan toga hakimnya. Apalagi Niken termasuk orang yang mudah bergaul dan murah senyum. “Banyak yang tidak menyangka, kalau saya hakim, tapi saat menjalani sidang mereka baru tahu,’’ pungkasnya.

Reporter : Putra Aditya Warman

Redaktur : SA Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here