oleh

Di Serang Hama Tikus, Petani Padi Terancam Gagal Panen

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Gabus, Pati –Sejumlah petani di desa Gebang Kecamatan gabus kabupaten terancam gagal panen. hal tersebut dikarenakan serangan hama pengerat menyerang puluhan hektar milik petani.

Selain merusak tanaman padi, hewan pengerat tersebut juga menyebabkan kerugian bagi petani.

“Musim ini hama tikus menyerang tanaman padi yang sudah mulai merit atau istilah orang jawa meteng. Bagian batang bawah dimakan tikus, sehingga menyebabkn tanaman padi berwarna kuning dan akhirnya mati,” kata Sulistiyo, Petani Desa Gebang Kecamatan Gabus.

Untuk mengatasi hal tersebut, Para petani menggunakan perangkap setrum yang dipasang disawah-sawah untuk menekan hama tikus. Lantaran perangkap setrum dirasa paling efektif untuk membasmi hama tikus.

“Setiap kali menggunakan setrum, setidaknya  10 tikus mati terkena setrum. Bahkan paling banyak ada 50 sampai 60 tikus yang terjebak setrum,”tambahnya.

Baca Juga :   Di Pusat Gaduh Impor Beras, Bupati Pati Lakukan Panen Raya Padi

Lebih lanjut pihaknya berharap supaya dimusim panen tahun ini mendapatkan hasil panen yang bagus, dan harganya juga tetap stabil kepada para petani.

“Ya, mudah-mudahan panennya bagus, harganya juga bagus. Sehingga petani tidak yang selalu merugi,”pungkasnya.

Sementara itu, di Kecamatan Gabus setidaknya ada 3 Desa yang terbilang parah terserang hama tikus, diantaranya Desa Gebang, Desa Kosekan, dan Desa Tanjang.

Reporter : DianUAji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral