oleh

Kerap Menjadi Penyebab Banjir, Pemerintah Perlu Lakukan Normalisasi Sungai Simo

Kota, Pati – Pasca terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Pati. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan bersih-bersih sungai untuk menormalisasi sungai. Seperti pada hari Jumat (9/2) sejumlah 10 personil dari DPUPR Kabupaten Pati melakukan pembersihan di sepanjang sungai simo jalan Juwana – Pati.
Menurut Riyo Budiarto Kaur PT DPUPR Wilayah Pati kondisi sungai yang dijadikan untuk membuang sampah, bahkan ada batang pohon melintang di sungai simo. Menyebabkan aliran sungai simo tidak lancar, dan bahkan kemarin sempat air dari sungai simo meluap ke Jalan Pantura Juwana – Pati.
“Kemarin karena curah hujan tinggi, ini akibatnya kan banjir. Ini buang sampah, sama bangkai pohon yang menghalang disungai,” jelasnya kepada mitrapost.com Jumat pagi (9/2).
Dalam melakukan pembersihan sungai simo, para pekerja terkendala dengan kondisi jembatan yang rendah ditambah lagi sedimentasi sungai simo perlu untuk dilakukan normalisasi. Sehingga aliran sungai simo kembali lancar. Terlebih lagi saat musim penghujan seperti saat ini.
“Ini sepanjang sungai simo, Pati – Juwana, kendalanya jembatan terlalu rendah, sedimen sungai simo harus di normalisasi karena sudah dangkal, “ imbuhnya.

Sementara itu, pembersihan sepanjang sungai simo direncanakan selama dua hari Jumat dan Sabtu esuk. Dikerahkan1 bego untuk melakukan pembersihan sungai simo, dan 15 kendaraan truk untuk mengangkut sampah.

“Rencannanya pembersihan sungai selama dua hari. Ada 15 truk, 1 truk kira-kira hampir 3 ton sampah. Sampah terbanyak dari kebun, pohon pisang, bambu,” pungkasnya.

Reporter : DianUaji

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed