oleh

Trotoar Belum Ramah Bagi Penyandang Difabel, Begini Tanggapan DPUPR Pati

Margorejo,  Pati – Trotoar yang putus bagi pejalan kaki di jalan Pantura turut Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Pati, yang menjadi keluhan oleh kaum difabel. Memang diakui oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati masih belum ramah khususnya penyandang difabel.
Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati melalui Kabid Ciptakarya, Arief Wahyudi menjelaskan bahwa pihak DPUPR Pati berencana akan segera memberi tanda peringatan untuk berhenti meski hal tersebut masih bersifat sementara.
Lantaran dengan kondisi trotoar yang putus yang berada di jalan Pantura turut Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo dapat membahayakan bagi  penyandang difabel.
“Rencananya akan dikasih penanda,  terkait trotoar yang putus, ” kata Kabid Ciptakarya DPUPR Pati Arief Wahyudi (20/2).
Lebih lanjut memang untuk syarat trotoar selain menjadi keindahan kota. Namun juga harus memiliki fasilitas bagi penyandang difabel. Bahkan menurutnya pihak DPUPR sudah mengusulkan anggaran kepada pemerintah untuk pembangunan lebih lanjut terhadap trotoar yang terputus tersebut.
“Untuk lanjutan sebelah kiri (sekitar kantor Bulog) belum ada, itu sebelumnya bersumber dari APBD murni yang kemarin. Lanjutan yang kiri belum tahu nanti. Yang sudah masuk itu sebelah kanan jalan (depan SMA 3 hingga pertigaan puri),” jelas Kabid Ciptakarya.
Sementara itu, terkait keluhkan penyandang difabel yang belum ada uji coba trotoar yang baru selesai dibangun oleh pemerintah Kabupaten Pati. Pihaknya lebih lanjut akan melakukan pendampingan kepada penyandang disabilitas ntuk melakukan uji coba kelayakan pengunnaan trotoar.
“Monggo nanti bisa pihak PU mendampingi uji coba karena yang punya proyek,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terkait