oleh

Petani Yang Lahannya Terdampak Banjir Akan Diberi Bantuan Bibit Dari Pemerintah

Kota, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian berupaya membantu para petani yang sawahnya kemarin terdampak banjir.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi mengungkapkan bantuan rencananya berupa bibit atau benih padi. Untuk itu para petani diminta untuk segera mengajukan ke pihak pemerintah, agar dapat segera terealisasi.
“Ada cadangan benih Nasional, cadangan benih ini nanti petani mengusulkan, nanti akan dibantu oleh Pemerintah. Nanti kita rekap dan kita usulkan ke Pemerintah pusat,” kata Muchtar Effendi kepada mitrapost.com.
Baca Juga : Petani Bisa Tuntut Distributor, Jika Tidak Mendapatkan Alokasi Pupuk Subsidi
Selain ada benih cadangan Nasional, para petani juga diharapkan mengikuti Asuransi Usaha Pertanian (Asuransi Usaha Tani Padi). Karena dengan mengikuti program tersebut, tanaman padi milik petani yang terdampak karena kekeringan, banjir, maupun serangan hama dapat diganti dengan menggunakan asuransi pertanian itu.
“Kita harapkan petani ini mengikuti AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) kalau ada kekeringan, banjir maupun hama itu nanti ada klaim penggantian dari asuransi 6 juta perhektar dengan kerusakkan 75 persen perhektar,” jelasnya.
Para petani cukup membayar 36 ribu, petani bisa mendapatkan manfaat dari Asuransi Usaha Tani Padi.
Baca Juga : Terendam Banjir, Tanaman Padi Milik Petani Terancam Gagal Panen
“Pemerintah memberikan subsidi 80 persen dari total 180 ribu perhektar yang harus dibayar petani, sehingga petani hanya perlu mengeluarkan uang 36 ribu perhektarnya,”imbuhnya.
Sementara itu, hingga sekarang di Kabupaten Pati petani yang baru mengikuti AUTP sekitar baru 109,167 hektar  dari 949 hektar yang terserang puso atau gagal panen.(*)

Tentang Penulis: Admin Mitrapost

Gambar Gravatar
Admin Mitrapost.com

Berita Terkait