Tuntut Legalitas Alat Tangkap Cantrang, Nelayan Gelar Istighotsah di Jakarta

0
85
Aksi 17 1 18 oleh nelayan cantrang/ Photo Dian Utoro Aji/ MP

Juwana,  Pati –  Nelayan cantrang Pati yang tergabung dalam  Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI)  Pati akan kembali melakukan aksi. Kali ini para nelayan cantrang akan melakukan aksi kebangsaan di Jakarta, untuk menuntut legalitas alat tangkap cantrang.

Setidaknya ada 1.200 nelayan cantrang yang berasal dari Pati berangkat ke Jakarta untuk menggelar aksi tersebut.

“Kami ingin mengadakan aksi kebangsaan nelayan menuntut agar alat tangkap cantrang dilegalkan secara Nasional, agar para nelayan cantrang bisa kembali beraktivitas seperti semula, ” ungkap Heri Budianto Ketua Paguyuban Mina Santosa Juwana kepada mitrapost.com Selasa (16/1).

Berkait perpanjangan alat tangkap cantrang yang disampaikan Presiden Joko Widodo di Tegal kemarin (15/1) yang dihadiri Gubernur Jateng dan sejumlah Bupati. Para nelayan cantrang akan meminta legalitas atas kebijakan transisi tersebut, sehingga para nelayan akan nyaman dan aman saat melaut.

“Sementara pertemuan dengan Presiden RI Jokowi kemarin di Tegal, memberi perpanjangan tidak ada penangkapan di laut. Intinya Presiden bilang perpanjangan sebelum ada hasil uji petik. Kami ke Jakarta meminta surat resmi perpanjangan penggunaan alat tangkap cantrang dan tidak ada penangkapan di laut, sehingga nelayan saat melaut atau di tengah laut aman dan nyaman,”pungkasnya.

Rencana kegiatan aksi tersebut akan dilakukan pada hari Rabu 17 Januari 2018 dengan menggelar istighotsah, dan orasi. 

Reporter : Dian Utoro Aji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here