Hasil Panen Jagung, Belum Bisa Sumbang Cadangan Pangan di Pati

0
35
Saiful Arifin Wakil Bupati Pati bersama pihak terkait saat panen jagung di Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo beberapa hari yang lalu

Kota, Pati – Sebagian besar petani di Kabupaten Pati selain tengah panen padi, juga menuai hasil panen jagung. Namun hal tersebut belum memberikan sumbangan yang signifikan terhadap cadangan pangan.

Seperti yang diungkapan oleh Kepala Dinas Pertanian Pati Muchtar Efendi saat ini sekitar ada 20 hektar lahan yang ditanami jagung. Namun masih belum banyak mendukung sumbangan cadangan pangan di wilayah Kabupaten Pati. Dalam musim panen ini saja, petani jagung mampu memproduksi tanaman jagung hingga 7 ton.

“Kalau jagung kita 20 ribu hektar, kita memang produktivitas kita kemarin 7 ton. Jagung juga begitu belum banyak mendukung terkait dengan sumbangan cadangan pangan,” jelasnya.

Menurutnya sumbangsih produksi jagung di wilayah Kabupaten Pati masih kalah dengan Kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Grobogan.

“Kita kalah masih dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten-kabupaten lainnya,” imbuhnya kepada mitrapost.com kemarin.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya lahan yang ada di Kabupaten Pati sebagian besar digunakan petani untuk bertanam padi, yang memiliki nilai yang tinggi daripada jagung.

“Karena melihat lahan yang ada di Pati ini, seperti padi, yang memiliki nilai yang tinggi. Jagung ini juga kan jenis tanaman yang marginal, kalah saing dengan padi,” tutupnya.

Reporter :DianUAji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here