Datang ke Rembang, Menteri KKP Awasi Pendataan Kapal Cantrang

0
72
Menteri Susi Pudjiastuti saat meninjau langsung pendataan kapal cantrang di kabupaten Rembang

Rembang – Untuk mengawasi proses pendataan dan verifikasi kapal cantrang berjalan dengan baik. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti secara khusus datang langsung ke kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang Selasa (13/2).

Pendataan dan verifikasi sendiri merupakan tindak lanjut dari instruksi presiden RI Joko Widodo yang menyatakan bahwa penggunaan jaring cantrang kembali diperbolehkan. Namun, harus ada ketentuan yang mengaturnya.

Menteri Susi menegaskan beberapa hal mengenai kapal cantrang kepada ratusan nelayan. Dalam hal ini, menteri Susi beberapa poin diantaranya mulai dari permodalan, pembatasan pemberlakukan dan lain sebagainya.

“Apabila para nelayan butuh modal bisa berurusan dengan BRI dan kami layani disini, untuk jaminannya kapal, bantuan modal untuk para nelayan diperuntukan untuk peralihan alat tangkap ikan, nilai bantuan modal nelayan sejumlah 60an persen dari nilai kapal yang dijaminkan, kapal besar tidak boleh melaut dibawah 4 mil, harus diatas 4 mil agar kapal kecil mendapat ikan,” kata Menteri Susi kepada ratusan nelayan di Rembang.

Di sisi lain, ia juga menegaskan bahwa penggunaan cantrang tak serta merta digunakan secara terus menerus. Namun juga harus ada pembatasan secara berkala.

“Untuk pemilik kapal cantrang,  mereka mengerti bahwa alat cantrang tidak bisa terus dipakai, kita sudah janji bantu untuk permodalan kepada para nelayan, Kita akan panggil Jasindo untuk membantu mengansuransikan kapal, para nelayan harus berniat untuk mengganti alat tangkap ikan, para nelayan besar harus sadar untuk tidak menggunakan BBM Subsidi, karena BBM subsidi untuk nelayan kecil, untuk kredit macet, kami bisa bantu, semua kapal yang kita Verifikasi melebihi 30 GT,” pungkas Susi. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here