Petani Bisa Tuntut Distributor, Jika Tidak Mendapatkan Alokasi Pupuk Subsidi

Laporan Oleh Reporter, Dian Utoro Aji

1
63
Photo. mitrapost.com/ Dian Utoro Aji

Kota, Pati – Petani yang memiliki kartu tani bisa menuntut pengecer atau distributor jika tidak mendapatkan alokasi pupuk subsidi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Muchtar Efendi Kamis (22/2) di depan kantor DPRD kabupaten Pati.

Menurut Muchtar Efendi, kartu tani menjadi jaminan petani untuk mendapatkan alokasi pupuk subsidi. Dengan memiliki kartu tani itu, para petani mendapat jatah alokasi pupuknya tercatat dalam waktu satu tahun. Sehingga petani yang memiliki kartu tani, namun tidak bisa menebus pupuk subsidi dari pemerintah bisa menuntut kepada pengecer atau distributor.

“Kalau petani nanti, memiliki kartu tani tidak mendapatkan pupuk bisa menuntut kepada pengecer atau distributor,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi kepada mitrapost.com.

Baca Juga : Dorong Pertanian Indonesia, Pemerintah Berikan Asuransi Bagi Petani

Selain penggunaan kartu tani sebagai penebus pupuk subsidi, hal itu juga sebagai upaya pemerintah untuk menghindari manipulasi penyelewengan pupuk, baik ditingkat pengecer maupun Dinas Pertanian.

Muchtar Efendi mengungkapkan saat ini petani di Kabupaten Pati yang mendapatkan kartu tani baru 76 ribuan yang sudah dibagikan dari jumlah keseluruhan petani di Kabupaten Pati sekitar 118 ribu petani.

“Petani di Kabupaten Pati jumlah keseluruhan ada 118 ribu petani, kartu ada 114 ribu petani baru terproses, serta yang 76-ribuan yang sudah mendapatkan kartu tani,” jelas Muchtar.

Baca Juga : Kebijakan Impor Beras, Bupati Harapkan Petani di Pati Tidak Terkena Imbasnya

Dalam pembuatan kartu tani, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengalami sejumlah kendala baik dari sulitnya dihubungi, ikut imigrasi hingga ada yang beralih profesi.

“Kadang-kadang ada kendala seperti menghubungi petani itu sulit, karena petani tidak dirumah, petani imigrasi, dan meninggal dunia, ada yang alih profesi,” imbuhnya.

Untuk mempermudah pihak Dinas Pertanian Kabupaten Pati terus melakukan upaya dengan menggandeng dinas terkait untuk menyelesaikan permasalahan itu. (*).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here