KH Abdul Hadi Kurdi Ketua MUI Bidang Fatwa Pati “Umrah Bisa Melebur Dosa”

0
225
Photo. mitrapost.com/ Hartono

Laporan Khusus Wartawan Mitrapost.com Hartono

Kota, Pati – KH Abdul Hadi Kurdi Ketua Majelis Ulama Indonesia bidang Fatwa Kabupaten Pati menegaskan bahwa umrah dapat melebur dosa, meskipun dosa itu besar.

“Dalil dalam Hadis Nabi, umrah sampai ke umrah itu bisa melebur dosa, antara waktu itu sampai umrah itu. Jadi artinya ketika dia melakukan dosa kemudian di pakai umrah, sampai waktu umrah itulah dosanya dilebur,”ungkap KH Abdul Hadi Kurdi saat mengisi manasik Umrah Biro Perjalanan PT Dewangga Lil Hajj Wal Umrah Sabtu (10/3).

Namun menurut Wakil Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pati itu, diketerangan khusus dosa besar harus pakai tobat, ketika dia melaksanakan umrah dengan niat tobat, sudah memenuhi persyaratan dosa besar bisa dilebur dengan tobat.

“Jadi apakah umrah secara otomatis bisa melebur dosa, bisa. Nah, itu dosa besar harus tobat. Makanya ketika dia melakukan umrah harus diniati sekalian dengan tobat. Maka sudah memenuhi syarat untuk tobat,” Ujar Pembimbing manasik Umrah PT Dewangga Lil Hajj Wal Umrah kepada mitrapost.com.

Dalam manasik itu, ia berpesan kepada jamaah untuk memperhatikan larangan-larangan jika sudah menggunakan kain ihram, harus sesuai dengan rukun dan syarat sahnya umrah.

“Saat sudah mengenakan kain ihram dan berniat umrah tidak boleh menggunakan wangi-wangian, tidak boleh menggunakan kain yang berjahit. jika saat thowaf dan batal, harus segera bersuci dan melanjutkan thowaf lagi hingga 7 putaran,” ungkapnya.

Selain itu, KH Abdul Hadi Kurdi yang juga sebagai Wakil Ketua Baznas Kabupaten Pati itu merekomendasikan kepada masyarakat muslim khususnya di Kabupaten Pati, bisa beribadah umrah melalui Dewangga Lil Hajj Wal Umrah.

“Dewangga fasilitasnya bagus sekali, dan Insya Allah memenuhi dan memuaskan para jamaah, pemberangkatannya di fasilitasi dengan pesawat-pesawat nyaman dan sudah dijamin keselamatannya, seperti Garuda maupun maskapai lain,” imbuh Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Islam Sirotul Ulum Desa Kertomulyo, Trangkil, Pati .

Tidak hanya itu, fasilitas hotel yang digunakan Biro Perjalanan Umrah yang dinahkodai oleh Endro Dwi Cahyono pun dekat dengan masjid di Nabawi dan Masjidil Haram. Termasuk menu makanan disediakan yang “njawani” dan manasik-manasik disampaikan oleh pakar-pakar yang memahami betul tentang manasik tentang syariat tata cara umrah.

“Sangat merekomendasi, ada sekian banyak jamaah yang pulang menggunakan jasa Dewangga, mereka sangat puas,” pungkas KH Abdul Hadi Kurdi.

Sementara itu, Direktur Utama Biro Perjalanan Umrah PT Dewangga Lil hajj Wal Umrah, H. Endro Dwi Cahyono, ST mengaku sangat bersyukur dengan semakin berkembangnya usaha perjalanan umrahnya yang dipimpinnya.

“Alhamdulilah untuk sekian kalinya Dewangga Lil Hajj Wal Umrah mendapatkan kepercayaan dan terus menerus semakin bertambah dari masyarakat Pati, Blora, bahkan Rembang yang mempercayakan umrahnya melalui Dewangga dan hari ini kita melaksanakan manasik umrah untuk keberangkatan bulan Maret mendatang,” ungkap H. Endro Dwi Cahyono, ST kepada mitrapost.com.

Bahkan kepercayaan itu hingga turut mengundang pembimbing manasik umrah oleh KH Abdul Hadi Kurdi selaku Wakil Ketua MUI bidang Fatwa kabupaten Pati dan juga sebagai Wakil Rois Syuriah PCNU kabupaten Pati.

“Bahwa pembimbing manasik bukan sembarangan, supaya calon jamaah dapat informasi yang benar bagaimana cara melakukan umroh,” imbuh Ketua Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jateng & DIY.

Bahkan pada keberangkatan 8 April mendatang, Umrah Plus Turki dengan fasilitas bintang 5, ada artis sinetron Atalarik Syah yang turut serta dalam umrah Dewangga. Sementara untuk keberangkatan umrah selanjutnya dapat menggunakan seat pada  keberangkatan untuk bulan Ramadhan.

“Mari beribadah umrah di bulan Ramadhan. Di dalam salah satu hadis mengatakan bahwa umrah di saat bulan Ramadhan pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji,”pungkas H. Endro Dwi Cahyono, ST. (Adv)

Company Profile PT Dewangga Lil Hajj Wal Umrah www.dewanggaumroh.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here