Pemkab Pati Sepakat Tidak Membuat Peraturan Mengenai Angkutan Sewa Khusus. Ini Alasannya.

0
35
Photo : Dishub Pati Bersama Perwakilan dari Beberapa Instansi Terkait Sedang Melakukan Rapat/Mitrapost.com/Hartono

Kota, Pati – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati menggelar rapat koordinasi beberapa waktu lalu dalam rangka membahas mengenai masalah angkutan sewa khusus/angkutan online yang sekarang ramai beroperasi di Pati.

Rapat yang dipimpin oleh Eko Budi Santoso, Kabid Dishub Kabupaten Pati ini juga dihadiri oleh beberapa Kasi Dishub Kabupaten Pati, KBO dan Kaurmintu Satlantas Polres Pati, serta beberapa perwakilan Instansi terkait yaitu Balai Perhubungan Wilayah Pati, Kepala Jasa Raharja Kabupaten Pati, Ketua DPC Organda Kabupaten Pati, Diskominfo Kabupaten Pati, Satpol PP Kabupaten Pati, dan DPMPSP Kabupaten Pati.

Eko Budi Santoso mengungkapkan dari hasil rapat yang diadakan di ruang kerja Kadishub Kabupaten Pati ini ditarik kesimpulan bahwa izin operasi angkutan online belum bisa diterbitkan.

Baca juga : Sopir Angkutan Umum di Pati Menolak Keras Revisi UU Nomor 22 Tahun 2009

“Izin operasional angkutan sewa khusus/angkutan online yang menjadi kewenangan Dishub Provinsi sampai saat ini belum terbit, karena masih banyak persyaratan yang harus dicukupi,” ucapnya kepada mitrapost.com.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Pati saat ini sepakat untuk tidak membuat peraturan mengenai angkutan sewa khusus karena semua aturan sudah jelas diatur dalam UU. No 22/2009 dan Permenhub No. 108/2017.

Sementara itu bagi para awak angkutan sewa khusus untuk saat ini dilarang memakai atribut perusahaan aplikasi karena Surat Persetujuan Izin Operasi (SPIO) belum terbit.

Baca juga : Sopir di Pati Sudah Nyaman, Revisi UU Nomor 22 Tahun 2009 Tidak Perlu Dilakukan

“Karena belum terbitnya SPIO maka untuk awak angkutan sewa khusus/online dilarang menggunakan atribut perusahaan aplikasi seperti Grab atau yang lainnya,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here