Benarkah Obat Kumur Dapat Menghilangkan Bau Mulut?

0
43

Banyak orang yang menggunakan obat kumur secara rutin ketika mereka merasa memiliki bau nafas tak sedap. Apalagi saat bulan ramadan tentunya konsumsi obat kumur menjadi semakin meningkat untuk menghindari bau nafas saat sedang berpuasa. Namun apakah benar bahwa obat kumur bisa menghilangkan bau mulut?

Obat kumur rata-rata mengandung mint yang tentu membuat nafas kita menjadi segar. Namun penggunaan obat kumur ini mengundang banyak kontroversial. Pasalnya, obat kumur mengandung bahan-bahan yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan mulut.

Beberapa obat kumur yang banyak mengandung alkohol justru dapat menyebabkan mulut kita menjadi kering. Sehingga obat kumur yang kita pakai hanya efektif dalam jangka waktu yang pendek, namun efek selanjutnya bau mulut kita semakin tak sedap.

Baca juga : Terong Bikin Tubuh Jadi Lemas, Mitos atau Fakta?

Selain itu kadar alkohol yang tinggi juga dikhawatirkan dapat merusak jaringan di dalam mulut. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ditemukan korelasi antara kandungan alkohol di dalam obat kumur dengan kanker mulut. Tapi beberapa ahli mengatakan bahwa penelitian tersebut belum benar-benar mempunyai bukti yang kuat. Meskipun begitu menurut salah seorang ahli, bahan-bahan obat kumur dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan menghilangkan kemampuan indra pengecap.

Untuk membantu menghilangkan bau mulut lebih baik minumlah air putih sepanjang hari, minum air putih ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut dengan membersihkan sisa makanan dan mencegah mulut menjadi kering.

Baca juga : Manfaat Bangun Pagi untuk Kecantikan

Namun bila tetap ingin menggunakan obat kumur carilah yang bebas alkohol dan jangan terlalu sering dalam pemakaiannya. Untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya sikat gigi dua kali sehari, melakukan flossing  yaitu kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss, serta mengontrol gigi ke dokter minimal enam bulan sekali. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here