Beberapa Tradisi Norma Kesopanan yang Unik dari Berbagai Negara

0
19

Kota, Pati – Setiap negara maupun wilayah tentunya memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Budaya dan tradisi dari nenek moyang ini berusaha dipertahankan oleh generasi-generasi penerusnya. Uniknya, dalam satu wilayah tertentu terdapat suatu tradisi norma kesopanan yang justru dianggap aneh dan tidak wajar oleh negara lain.

Sehingga sebelum melakukan perjalanan maupun berkunjung ke suatu tempat, sebaiknya kita belajar tentang budaya dan tradisi mereka agar tidak terjadi kesalahpahaman. Berikut ini beberapa contoh norma kesopanan yang unik dari berbagai negara.

  1. Korea Selatan

Di Korea Selatan menerima sesuatu dari orang lain, bersalaman, maupun mengambil makanan menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan merupakan hal yang lumrah, namun di negara kita menggunakan tangan kiri dianggap tidak mempunyai etika.

  1. Negara Afrika

Dalam budaya negara Afrika, melihat ke bawah saat berbicara dengan seseorang menandakan sikap hormat terhadap orang yang status sosialnya lebih tinggi. Sedangkan di tempat lain berbicara tanpa melihat wajah lawan dianggap tidak sopan. Terlebih bila berbicara sambil menundukkan wajah berarti dianggap sebagai simbol ketakutan terhadap lawan bicara.

Baca juga : Bencana Tsunami Terdasyat di Dunia, Salah Satunya Terjadi di Indonesia

  1. Yunani, Iran, Lebanon, Suriah, Turki, Mesir, Bulgaria, Albania, dan Sisilia

Menggelengkan kepala di negara-negara ini dianggap sebagai isyarat “iya”. Sedangkan sedikit menganggukkan kepala berarti dianggap “tidak”. Berbeda di negara kita ketika menganggukkan kepala berarti “iya” sedangkan menggeleng berarti “tidak”.

  1. Kanada

Di Kanada mengeluarkan sendawa saat sedang makan dianggap sebagai pujian karena makanan yang diberikan enak. Namun di beberapa negara, bersendawa saat makan dianggap perbuatan yang tidak sopan

  1. Thailand

Uang yang jatuh di jalan yang kadang sering dibiarkan oleh pengendara kendaraan dan dilewati begitu saja. Namun, jika di Thailand, tindakan melangkahi, menginjak di atas uang tersebut dianggap tidak sopan. Karena wajah raja mereka tercetak dalam uang, sehingga tindakan tersebut dinilai tidak menghormati raja.

  1. Jepang

Di Negara Jepang mengupil merupakan tindakan yang dapat diterima secara sosial. Namun di negara lain, mengupil dianggap tidak sopan dan sangat menjijikkan.

7. Indonesia
Di Indonesia terutama di Jawa, menunjuk menggunakan telunjuk tangan dianggap kurang sopan terlebih jika lawan bicara merupakan sosok yang lebih tua. Namun di negara lain menunjuk dengan telunjuk tangan merupakan hal yang lumrah. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here