Jangan Salah, Minal Aidin wal Faizin Artinya Bukan Mohon Maaf Lahir Batin

0
39

Kota, Pati – Saat lebaran tiba, banyak orang yang mengucapkan “Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin” baik secara lisan maupun tulisan. Bahkan saat masih bulan ramadhan dua kalimat tersebut sudah sering terdengar di telinga kita. Akibat seringnya dua kalimat tersebut disandingkan menjadi satu, maka banyak yang mengira bahwa pengertian dari Minal aidin wal faizin adalah mohon maaf lahir batin.

Namun tahukah Anda bahwa Minal aidin wal faizin artinya bukan mohon maaf lahir dan batin namun “orang-orang yang kembali (suci) sebagai orang yang menang”. Kata Minal sendiri berarti termasuk, Al-aidin artinya orang yang kembali, wal artinya dan, serta Al-faizin artinya menang.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa ucapan selamat Idul Fitri yang disertai dengan Minal aidin wal faizin dahulunya merupakan tradisi yang berawal dari para pedagang Arab yang menyebarkan Islam di Indonesia. Namun semakin ke sini dua kalimat tersebut kemudian digabung menjadi satu dan menimbulkan pengertian yang salah oleh persepsi masyarakat.

Baca juga : Inilah Niat Zakat Fitrah Lengkap untuk Diri Sendiri Maupun yang Diwakilkan

Pada zaman Rasulullah sendiri, ketika masuk hari raya Idul Fitri maka yang diucapkan adalah “Taqobballahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum” yang artinya semoga Allah menerima puasa kami dan kalian. Kalimat tersebut diucapkan karena mereka merasa sedih meninggalkan bulan ramadhan dan khawatir tidak akan bertemu kembali di tahun berikutnya.

Sedangkan oleh ulama Indonesia yang diucapkan adalah, “Taqobballahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum” ditambah lagi dengan “ja’alnallahu minal aidin wal faizin” yang artinya semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang kembali (suci) dan bagian dari orang-orang yang menang karena telah melewati ramadhan yang penuh cobaan.

Akibat persepsi yang salah tadi terkadang saat bersilaturrahmi ke rumah saudara maupun tetangga, banyak yang hanya mengucapkan Minal aidin wal faizin. Padahal ungkapan Minal aidin wal faizin sebenarnya kurang tepat bila maksud kita adalah untuk meminta maaf, karena artinya bukan permintaan maaf. Lebih baik langsung gunakan kalimat “mohon maaf lahir batin.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here