Manfaat Kolang-Kaling yang Belum Banyak Diketahui Orang

0
25

Kota, Pati – Dalam bulan ramadhan ini, kolang-kaling menjadi buah populer yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah yang mempunyai tekstur kenyal ini biasanya dibuat menjadi berbagai macam minuman seperti kolak, es buah, dan lain sebagainya.

Ternyata kolang-kaling yang berasal dari pohon aren ini mempunyai banyak khasiat. Kolang-kaling memiliki kandungan gelatin yang bisa diolah oleh tubuh untuk mensintesa kolagen. Kolang-kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerja bersama dengan gelatin serta mineral kalium, kalsium, fosfor, serta besi yang dikandungnya.

Dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Adapun khasiat dari kolang-kaling adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah osteoporosis

Kolang-kaling mengandung zat kalsium yang tinggi. Sedangkan osteoporosis biasanya terjadi pada usia lanjut karena kurangnya kalsium yang terdapat dalam tubuh. Kalsium tinggi yang terkandung dalam kolang-kaling mampu mencegah sekaligus mengatasi penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

  1. Menyembuhkan sakit pinggang

Selain osteoporosis ternyata kolang-kaling juga dapat mengatasi sakit pinggang. Takaran kolang kaling yang harus dikonsumsi untuk menghilangkan sakit pinggang yaitu 100 gram setiap harinya. 

  1. Membuat kulit tetap awet muda

Kolang-kaling sangat baik untuk menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda. Gelatin yang ada pada kolang-kaling dapat mencegah timbulnya garis-garis halus pada wajah.

Baca juga : Tips Menghilangkan Duri di Tenggorokan

  1. Mengatasi rasa gatal pada kulit

Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh reaksi alergi atau lainnya. Untuk mengatasi rasa gatal, ternyata kolang-kaling juga dapat membantu untuk mengatasinya.

  1. Menyembuhkan asam urat

Kolang-kaling dikenal dapat mengurangi zat purin dalam tubuh. Kandungan air yang terdapat di dalam kolang-kaling akan mengurangi intensitas zat purin yang terdapat di dalam persendian. Sehingga hal ini dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Kalsium yang tinggi pada kolang-kaling tentu sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Mengonsumi kolang-kaling merupakan salah satu cara agar tulang tidak mudah keropos.  (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here