Mau Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Coba Gunakan Tips Ini Agar Selamat

0
34

Kota, Pati – Hari-hari terakhir ramadhan merupakan hari di mana para perantau berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halamannya. Hal itu mengakibatkan lalu lintas di jalan raya dipadati oleh para pemudik dari berbagai daerah. Bagi para pemudik yang memutuskan mudik dengan menggunakan sepeda motor memang harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pasalnya ia harus melewati cuaca yang panas di siang hari, debu dan kotoran, bising kendaraan, ditambah harus menahan dahaga karena sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut ini kami akan memberikan berbagai tips agar para pemudik dengan sepeda motor nyaman dalam perjalanan.

  1. Cek kondisi motor

Yang pertama harus kita lakukan adalah mengecek kondisi sepeda motor. Jangan sampai saat sedang dalam perjalanan motor malah bermasalah. Sebelum dibawa mudik ada baiknya bila motro di bawa ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

  1. Bawa surat-surat lengkap yang masih berlaku

Jangan lupa sebelum melakukan perjalanan mudik bawalah surat-surat secara lengkap dan perhatikan apakah SIM C dan STNK-nya masih berlaku.

Baca juga : Tips Menghindari Hipnotis Saat Mudik

  1. Bawa perkakas sederhana

Meskipun kita sudah membawa motor ke bengkel dan memeriksa kondisi motor, namun ada baiknya bila tetap membawa peralatan bengkel sederhana. Seperti obeng, kunci busi, tang, dan lainnya. Hal ini ditujukan agar bila motor mengalami masalah, kita dapat segera memperbaikinya.

  1. Jangan bawa barang berlebih

Hindari membawa barang berlebih serta penumpang melebihi standar. Motor sebaiknya dinaiki untuk dua orang. Hal ini ditujukan agar kenyamanan saat berkendara tetap terjaga dan tidak menganggu keseimbangan yang dapat memicu terjadinya kecelakaan. Sepeda motor matic dan bebek memiliki batas beban seberat 150 kilogram, sedangkan motor sport 160 kilogram. Bila dipaksakan, justru motor dapat mengalami kerusakan.

  1. Gunakan perlengkapan berkendara

Jangan lupa untuk memakai masker, sarung tangan, jaket yang cukup tebal untuk melindungi dada, serta memakai sepatu yang ringan.

  1. Istirahat bila lelah

Pengendara harus beristirahat bila lelah maupun mengantuk. Bila pengendara sepeda motor masih melaju meskipun rasa lelah dan kantuk menyerang maka hal itu dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Tips Menghadapi Kemacetan Saat Mudik Lebaran

  1. Etika berlalu lintas

Meskipun ingin segera sampai di tempat tujuan namun dalam berkendara harus mengutamakan rasa sabar. Saling menghormati dengan sesama pengguna jalan lainnya, menahan emosi, serta patuhilah rambu-rambu lalu lintas agar pengendara dan pengguna jalan lainnya tetap aman. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here