Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Paling Lama di Dunia, Ada yang Hampir 24 Jam!

0
12

Kota, Pati – Penentuan waktu puasa yang didasarkan pada terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari menyebabkan durasi waktu berpuasa di setiap negara menjadi berbeda. Ada negara yang waktu siangnya lebih pendek, namun ada juga yang waktu siangnya lebih panjang.

Beruntunglah kita sebagai orang Indonesia yang mempunyai pergantian waktu siang dan malam secara seimbang. Sehingga di Indonesia ini rata-rata lama waktu berpuasa kurang lebih 13,5 jam. Ada beberapa negara yang waktu berpuasanya lebih pendek dari itu, misalnya negara Australia, Cile, Selandia Baru, dan lain sebagainya. Namun ada juga negara-negara yang mempunyai waktu berpuasa paling panjang hingga hampir 24 jam. Berikut ulasannya :

  1. Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan puasa terlama di dunia. Pasalnya Finlandia mempunyai waktu siang lebih lama daripada malamnya. Puasa dimulai dari pukul 01.00 pagi dan berbuka puasa pada pukul 00.00 pagi. Sehingga kalau dihitung penduduk muslim di Finlandia berpuasa selama 23 jam. Bahkan di tahun 2016 kemarin, puasa di Finlandia sekitar 23 jam 5 menit karena matahari tenggelam hanya selama 55 menit.

Baca juga : Inilah Niat Zakat Fitrah Lengkap untuk Diri Sendiri Maupun yang Diwakilkan

  1. Islandia

Umat muslim di Islandia berpuasa selama 22 jam dalam satu hari. Umat muslim di sana harus menyelesaikan sahur pada jam 02.00 dan berbuka saat pukul 00.00. Islandia memang bukan negara dengan mayoritas Islam, karena komunitas muslim di sana hanya beranggotakan kurang lebih 770 orang. Namun mereka tetap memiliki kewajiban untuk menjalani waktu puasa yang cukup panjang.

  1. Swedia

Bila warga Islandia merasakan hawa dingin saat berpuasa, penduduk Swedia ternyata menjalankan puasa yang jatuh pada musim panas. Umat Islam di Swedia yang berjumlah 500.000 orang ini harus menjalani puasa selama 20 jam di hawa yang panas.

  1. Alaska

Ketika musim panas tiba, Alaska menjadi satu di antara tempat yang memiliki waktu puasa paling lama, yakni 20 jam. Namun ketika musim dingin tiba, waktu berpuasa di Alaska menjadi sangat pendek yakni hanya 5 jam saja. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here