Sistem Sainte Lague Untungkan Partai Besar

0
39

Kota, Pati – Berkaitan dengan penerapan penghitungan kursi dengan sistem Sainte Lague pada pemilihan umum tahun 2019 mendatang, Ilham Setiabudi, seorang pemerhati politik di Kabupaten Pati berpendapat bahwa dengan sistem tersebut partai besar di Pati akan mendapatkan kursi lebih banyak.

“Dengan sistem Sainte Lague, partai besar akan berpeluang mendapatkan kursi lebih banyak karena tidak perlu menentukan BPP,” ungkapnya kepada Mitrapost.com pada Sabtu (30/6).

Menurutnya, perhitungan dengan sistem Sainte Lague ini memang menguntungkan para partai besar di Pati seperti PDI Perjuangan, Gerindra, dan Demokrat. Sedangkan peluang kursi untuk Golkar akan semakin berkurang karena adanya Partai Berkarya. Hal itu berbeda jauh dengan penerapan sistem Kuota Hare pada pemilu sebelumnya yang dirasa tidak cukup adil bagi para partai besar.

Baca juga : Kapolda Jateng Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada 2018

“Kalau yang akan mengalami kenaikan kursi kemungkinan PDI Perjuangan, Gerindra dan Demokrat. Untuk Golkar bisa jadi turun, karena ada Berkarya,” ungkapnya.

Disinggung soal spesifik jumlah kursi, Ilham yang juga seorang dosen itu, hanya memperkirakan sebatas kondisi nyata di lapangan.

“Ini hanya perkiraan secara analisa di lapangan, jadi bisa pas, tapi bisa berbeda,” imbuhnya lagi (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here