Cara Mengolah Daun Binahong untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

0
3132

Kota, Pati – Daun binahong dikenal sebagai tanaman yang berasal dari negara Korea. Indonesia sendiri sudah sejak dulu menggunakan daun binahong untuk mengatasi beragam penyakit, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat.

Daun binahong dipercaya memiliki kandungan antivirus dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat dan cara mengonsumsi daun binahong adalah sebagai berikut :

  1. Mengobati penyakit kanker

Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun binahong mempunyai kandungan antioksidan. Sehingga daun ini dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas yang disinyalir sebagai penyebab kanker. Cara mengolahnya yaitu merebus daun binahong kering sebanyak 30 gram dengan air 1000 cc. Lalu rebus hingga air tersisa 600 cc. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari, dengan takaran masing-masing 200 cc.

  1. Mengobati penyakit rematik

Daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit rematik. Cara mengolahnya yaitu rebus 5 lembar daun binahong bersama 2 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Minum ramuan ini sebanyak 1 kali dalam sehari.

Baca juga : Tidak Hanya Memiliki Banyak Manfaat, Namun Jengkol Juga Memiliki Dampak Negatif Bagi Pengonsumsinya

  1. Mengobati diabetes

Untuk mengobati diabetes, adapun cara mengolahnya yaitu rebus daun binahong sebanyak 11 lembar bersama 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas. Lalu minum sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Mengobati gegar otak

Caranya yaitu ambil daun binahong sebanyak 10 lembar, lalu rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih dan minum 1 kali dalam sehari.

Selain 4 poin di atas, daun binahong masih memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit lainnya. Namun karena daun ini termasuk salah satu pengobatan herbal, sebaiknya gunakanlah secara berhati-hati dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. (Diolah dari berbagai sumber).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here