Rakor KPU, Caleg Wajib Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

0
31

Kota, Pati – KPU Pati mengadakan rapat koordinasi dengan partai politik pada Jum’at ini (6/7) terkait syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran calon anggota legislatif periode 2019 – 2024.

Dalam kesempatan tersebut KPU juga menyampaikan beberapa informasi salah satunya yaitu seputar syarat pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan oleh calon anggota legislatif. Caleg dalam hal ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, serta bebas dari narkoba melalui rumah sakit yang telah ditunjuk.

“Ada ketentuan dari KPU RI bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan di rumah sakit yang sesuai standar. Sesuai Undang-Undang no.7 Tahun 2017 yang mengatur mengenai syarat kesehatan bagi calon anggota legislatif dan Surat Edaran nomor 627 bahwa rumah sakit yang menjadi rujukan harus memenuhi persyaratan,” ungkap Muh Nasich, Ketua KPU Kabupaten Pati kepada Mitrapost.com.

Untuk Kabupaten Pati, lanjutnya, rumah sakit atau puskesmas yang dapat digunakan sebagai tempat pemeriksaan adalah di RS. RAA Soewondo Pati.

Baca juga : Selama 4 Hari, KPU Pati Lakukan Pengepakkan Surat Suara Pilgub Jateng

“Kami telah mengeluarkan data rumah sakit mana saja yang bisa dipakai. Ternyata salah satu item yang bisa dipakai itu RS. Soewondo Pati. Kemudian ada banyak yang bertanya bagaimana bila sudah melakukan pemeriksaan di luar rumah sakit yang tidak terdaftar di KPU RI? Nah ada surat nomor 633 yang menerangkan bahwa bila sudah terlanjur melakukan pemeriksaan di luar rumah sakit yang ditunjuk, maka dipersilakan. Dengan syarat harus mencantumkan hasil pemeriksaan,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih jelasnya, pihaknya menyarankan agar partai politik berkonsultasi atau meminta informasi secara langsung kepada KPU Pati.

“Silakan datang di KPU. Tanggal 4 sampai 16, kami membuka layanan dari jam 08.00 – 16.00. Sedangkan untuk tanggal 17, kita mulai dari jam 08.00 – 24.00,” pungkasnya (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here