Sering Dipakai Masak, Ternyata Alat-Alat Ini Beracun

0
26

Kota, Pati – Jarang diketahui banyak orang, bahwa beberapa peralatan masak di dapur mengandung racun. Meskipun banyak orang yang memasak makanan sehat dengan tujuan agar tubuhnya tetap sehat namun mereka tak tahu bahwa kandungan racun dalam peralatan masak tersebut dapat menyebar dan masuk ke makanan yang akan dikonsumsi. Inilah beberapa peralatan masak yang beracun dan berisiko bagi kesehatan tubuh:

  1. Teflon

Teflon memang bahan penggorengan yang anti lengket, sehingga banyak orang memilihnya. Namun karena anti lengket tersebut, ia dilapisi dengan PTFE (polytetrafluoroethylene), di mana lapisan plastik polimernya akan mulai luluh ketika dipanasi diatas 300 derajat celcius. Racun ini bisa memicu gejala seperti flu yang disebut polymer fume fever atau umum dikenal dengan flu teflon.

  1. Tempat makan plastik

Tempat makan berbahan plastik jadi pilihan yang diminati namun ternyata plastik mengandung berbagai bahan kimia seperti Bisphenol A (BPA), Polyvinyl Chloride (PVC) dan phthalates yang bisa masuk ke makanan. Dan yang paling parah lagi, kandungan BPA sangat berisiko dengan penyakit kanker, kesehatan otak dan kesehatan jantung.

Baca juga : Waspada Penyakit Jantung Bila Anda Mengalami 5 Tanda di Bawah Ini

  1. Bahan aluminium

Alat masak dari aluminium ternyata dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan ALS. Meski beberapa alat masak aluminium biasanya diberi pelapis, lapisan tersebut terkadang cepat rusak, sehingga melepaskan racun logam dalam makanan. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here