Waspada Penyakit Jantung Bila Anda Mengalami 5 Tanda di Bawah Ini

0
13

Kota, Pati – Sebagian besar tanda terserang penyakit jantung adalah ketika Anda merasakan nyeri dada. Meski demikian, tidak selamanya penyakit jantung itu ditandai dengan adanya nyeri dada. Ada beberapa kasus yang tidak disertai nyeri dada meski mereka sedang mengalami penyakit jantung.

Dengan demikian, sejumlah gejala lainnya harus Anda waspadai. Bahkan pada wanita, penyakit jantung dapat lebih berbahaya dan tidak menunjukkan gejala yang jelas. Beberapa tanda yang Anda alami berikut ini dapat Anda jadikan pertimbangan bahwa kemungkinan besar Anda sedang terserang penyakit jantung.

  1. Sering mendengkur dengan terputus-putus

Bila Anda sering mendengkur dengan irama yang terputus-putus atau kadang seperti berhenti bernapas, maka bisa jadi jantung Anda sedang bermasalah. Gangguan dengan mendengkur ini bisa mengirim sinyal ke pembuluh darah dan jantung Anda untuk bekerja lebih keras agar aliran darah tetap mengalir. Sehingga menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung.

Baca juga : Inilah Cara Unik yang Sering Dilakukan untuk Menebak Jenis Kelamin Bayi Tanpa USG

  1. Bibir dan ujung jari berwarna kebiruan

Bagi orang yang mengalami masalah dengan jantung biasanya memiliki warna bibir berwarna kebiruan. Hal ini terjadi karena jantung tidak dapat mengalirkan darah yang membawa oksigen secara maksimal ke seluruh jaringan tubuh. Akibatnya jaringan-jaringan perifer seperti ujung jari dan bibir tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga warnanya berubah menjadi kebiruan.

  1. Adanya lipatan pada telinga

Jika ada lipatan yang Anda jumpai pada telinga bisa jadi hal tersebut merupakan tanda Anda terkena penyakit jantung. Lipatan berbentuk diagonal pada daun telinga dikenal sebagai tanda Frank. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan risiko aterosklerosis, plak yang menumpuk di pembuluh darah. Plak-plak tersebut sangat berisiko meningkatkan serangan jantung.

  1. Terdapat lingkaran di sekitar iris

Bila mata Anda terdapat lingkaran lemak berbentuk cincin kelabu di bagian luar iris (bagian mata yang berwarna) maka bisa jadi Anda sedang terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kadar kolestrol jahat pada tubuh Anda sangat tinggi sehingga muncul endapan lemak di mata. Kondisi ini memang tidak mengganggu penglihatan namun Anda harus waspada.

Baca juga : Awas! Bermain Ponsel Terlalu Lama Menyebabkan Anda Cepat Tua

  1. Radang gusi

Penelitian menunjukkan bahwa gusi yang meradang merupakan pertanda Anda terkena penyakit jantung. Bakteri pada mulut dapat memasuki aliran darah sehingga menyebabkan peradangan di pembuluh darah dan mengakibatkan masalah pada jantung.

Jadi bila Anda mengalami masalah tersebut, maka sebaiknya segera periksakan jantung Anda ke dokter terdekat. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here