Hindari Kesalahan-Kesalahan Saat Memakai Lensa Kontak Berikut Ini

0
29

Kota, Pati – Memakai lensa kontak/soft lens kini menjadi tren dan gaya hidup terutama di kalangan para remaja. Lensa kontak juga dianggap lebih modis dibandingkan menggunakan kacamata. Tidak hanya digunakan bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan, namun lensa kontak khususnya yang berwarna-warni juga dipakai orang-orang dengan penglihatan yang sehat.

Namun, lensa kontak memiliki risiko yang berbahaya bila orang tersebut tidak menggunakannya dengan benar. Untuk menghindari dampak yang ditimbulkan lensa kontak, maka hindarilah kesalahan-kesalahan dalam menggunakan lensa kontak seperti yang tertera di bawah ini.

  1. Menggunakan lensa kontak berwarna, tanpa resep dokter

Penggunaan lensa kontak berwarna biasanya digunakan dengan tujuan kecantikan. Meskipun lensa berwarna-warni ini dapat kita temukan dan kita pakai dengan mudah, namun sebenarnya penggunaan lensa tanpa resep dokter sangat dilarang. Sebab, ukuran dan bentuk kornea mempengaruhi lensa kontak apa yang harus digunakan. Jika ukuran lensa tidak sesuai dengan kebutuhan mata, lensa bisa bergeser dan menggosok kornea, sehingga menyebabkan luka gores.

Baca juga : Tips Menghilangkan Mata Panda

  1. Membilas lensa kontak dengan air keran atau obat tetes mata

Membersihkan lensa kontak dengan air keran atau obat tetes mata sangat tidak dianjurkan. Karena air keran mengandung bakteri yang menempel di ujung keran dan mungkin terbawa oleh aliran air, selain itu juga mengandung amoeba yang bisa mengakibatkan Acanthamoeba keratitis, infeksi mata berat yang sulit ditangani.

  1. Mandi menggunakan lensa kontak

Mandi dengan menggunakan lensa kontak juga dianjurkan untuk dihindari. Karena alasannya sama. Air mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi keratitis.

  1. Tidur menggunakan lensa kontak

Enzim dan antibodi yang melindungi permukaan mata membutuhkan oksigen untuk melawan kuman. Saat mata tertutup, suplai udara menurun, jika Anda menggunakan lensa kontak saat tidur, mata akan kekurangan oksigen.

  1. Memasang dan melepas lensa kontak dengan jari yang kotor

Untuk menghindari kontaminasi bakteri pada mata, bersihkan tangan sebelum memakai dan menyentuh lensa kontak.

Baca juga : Obat Sakit Mata Alami Tanpa Efek Samping

  1. Menggunakan lensa kontak terlalu lama

Menggunakan lensa kontak yang melebihi jangka waktu tertentu, maka dapat berdampak buruk bagi kornea. Lensa kontak menciptakan suhu hangat dan lembap untuk mikroorganisme seperti bakteri, kuman, jamur, dan parasit bisa berkembang biak. Semakin lama Anda menggunakan lensa kontak, mikroorganisme jahat ini akan mulai menggerogoti kornea Anda sebagai asupan makanannya. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here