Tips Mengetahui Makanan dan Minuman yang Mengandung Babi

0
40

Kota, Pati – Bagi seorang muslim, makanan dan minuman yang mengandung babi merupakan salah satu hal yang wajib mereka hindari. Sebab seorang muslim hanya diperbolehkan makan makanan dan minuman yang berstatus halal. Maraknya barang maupun bahan makanan impor yang masuk ke Indonesia tidak menutup kemungkinan bahwa salah satu bahan makanan tersebut mengandung babi. Untuk itu kita harus mencermati suatu makanan sebelum membelinya.

  1. Waspada bahan-bahan yang mengandung babi

BPOM menyatakan bahwa produk yang mungkin dapat mengandung babi di antaranya adalah emulsifier E471, lard, lesitin, dan cokelat impor. E471 dikenal terbuat dari 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan. Emulsifier halal bila berasal dari lemak tanaman, dan haram bila berasal dari lemak babi. Begitu juga dengan lesitin, lesitin nabati berasal dari kedelai (soya), sedangkan lesitin hewani berasal dari lemak babi. Maka dari itu hati-hatilah bila tak menemui label soya di lesitin karena bisa jadi itu lesitin hewani.

Selain itu, bahan haram lainnya adalah lard. Lard ini berasal dari lemak babi. Lard merupakan bahan yang sering dimanfaatkan dalam proses pembuatan kue/roti karena mampu membuat kue/roti menjadi lezat, nikmat, renyah, dan lentur. Sedangkan untuk cokelat impor, produsen luar sudah biasa mencampurkan bahan-bahan haram untuk membuat rasa cokelat lebih nikmat.

Baca juga : Waspada, Inilah Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya yang Wajib Anda Ketahui

  1. Pastikan kemasan terdapat logo halal

Sebelum membeli suatu produk pastikan bahwa produk makanan dan minuman terdapat logo halal dari MUI pada kemasannya.

  1. Cek tanda khusus mengandung babi

Sesuai peraturan BPOM, semua produk yang mengandung babi maka wajib mencamtumkan tanda khusus berupa tulisan ”MENGANDUNG BABI” dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar putih.

  1. Waspada produk mengandung gelatin

Cek daftar komposisi pada kemasan makanan dan minuman. Waspadai jika menemukan adanya kandungan gelatin dalam daftar komposisi yang tertera pada kemasan makanan dan minuman tersebut. Beberapa produk yang mengandung gelatin adalah permen, cake, vitamin, obat-obatn, kosmetik, dan kapsul. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here