Dapat Meledak, Hati-Hati Menyimpan 3 Bahan Makanan Ini di Freezer

0
6

Kota, Pati – Kita terbiasa memasukkan bahan-bahan makanan tertentu ke dalam freezer guna menjaga kesegaran makanan tersebut. Namun ternyata ada beberapa jenis bahan makanan yang sebenarnya tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer karena akan berisiko meledak. Apa sajakah bahan-bahan makanan tersebut?

  1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang enak bila dikonsumsi saat dingin. Sehingga biasanya minuman ini ditempatkan di freezer yang memiliki suhu paling tinggi dalam kulkas. Namun minuman berkarbonasi kalengan tidak boleh ditempatkan di freezer, alasannya minuman berkarbonasi mengandung karbondioksida, sehingga akan mengkristal setelah terkena suhu dingin dan meninggalkan karbondioksida di dalamnya. Ketika dibuka, maka minuman dapat langsung tumpah dan dapat meledak di dalam freezer.

  1. Es kering

Es kering merupakan karbondioksida yang dipadatkan, biasanya digunakan sebagai pendingin atau menjaga suhu makanan atau minuman kemasan yang butuh udara dingin. Namun jangan memasukkan es kering ini ke dalam freezer karena dapat memberikan efek sublimasi dari bentuk padat menjadi gas. Bila gasnya berlebihan maka ketika freezer dibuka besar kemungkinan akan terjadi ledakan.

Baca juga : Stop Gunakan Kantong Plastik Hitam untuk Membungkus Makanan

  1. Minuman beralkohol

Sebelum memasukkan minuman beralkohol ke dalam freezer, hendaknya membuka tutupnya terlebih dulu. Karena bila minuman beralkohol belum dibuka tutupnya, maka dapat menimbulkan kombinasi tekanan sehingga menyebabkan ledakan. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here