Stop Gunakan Kantong Plastik Hitam untuk Membungkus Makanan

0
23

Kota, Pati – Kantong plastik hitam merupakan salah satu benda yang biasa dipakai untuk membungkus berbagai macam barang. Tidak hanya barang, banyak orang yang juga memakai kantong plastik hitam sebagai pembungkus makanan, seperti gorengan.

Ternyata kantong plastik hitam khusus dibuat sebagai tempat sampah untuk membuang kotoran. Makanan yang ditempatkan dalam kantong plastik hitam berisiko terkontaminasi banyak bahan berbahaya dari kantong plastik, sebab kanntong plastik hitam ternyata berasal dari daur ulang.

Bahan dasar campurannya memang belum diketahui, apakah wadah bekas pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan, manusia, limbah logam berat, atau bahan berbahaya lainnya. Namun yang pasti dalam proses pembuatannya ditambahkan berbagai bahan kimia yang memiliki dampak besar bagi kesehatan.

Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Kantong plastik hitam ini terbuat dari polivinil klorida, residu timah putih, cadmium, dll. Bila kita membungkus makanan berminyak ke dalam plastik, maka kimia berbahaya tersebut akan terurai. Bila makanan tersebut kita konsumsi, maka dapat menyebabkan risiko penyakit kanker, hepatitis, dan gangguan sistem saraf.

Sayangnya meskipun penggunaan plastik pada makanan telah lama digaungkan untuk dikurangi, namun masih banyak orang yang memakainya. Maka dari itu, perlu kesadaran diri untuk menjauhi penggunaan plastik pada makanan. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here