Trik Jitu Hilangkan Kerak Gosong pada Peralatan Masak

0
55

Kota, Pati – Peralatan masak yang digunakan secara berulang-ulang dapat meninggalkan noda hitam dan kerak yang tentu sulit dibersihkan. Hal itu disebabkan karena peralatan masak sering terkena api, percikan minyak, kualitas panci yang rendah, hingga kelalaian dalam mematikan kompor. Noda gosong ini sangat tidak sedap bila dipandang mata. Namun jangan khawatir, berikut ini kami akan menyajikan trik jitu cara menghilangkan noda gosong pada peralatan masak.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda gosong dan kerak pada peralatan masak. Caranya, campurkan baking soda dan air lalu oleskan pada bagian yang gosong, biarkan beberapa jam, lalu cuci seperti biasa.

  1. Menggunakan air cuka

Air cuka dapat menghilangkan kerak gosong pada peralatan masak karena ia mengandung asam asetat. Caranya sangat mudah, yakni rendam peralatan masak yang berkerak dan gosong dengan air cuka selama satu malam. Paginya cuci alat-alat masak tersebut dengan sabun biasa.

Baca juga : Sering Dipakai Masak, Ternyata Alat-Alat Ini Beracun

  1. Menggunakan garam

Tidak hanya untuk perasa pada masakan, garam juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan dapur. Caranya rebus air dengan garam, lalu rendam peralatan dapur yang berkerak gosong di air larutan tersebut. Sebelum dibersihkan, gosok sedikit noda kerak dengan garam.

  1. Menggunakan bawang bombay

Menghilangkan kerak gosong dengan bombay caranya adalah sebagai berikut, masukkan lima hingga enam kulit bawang bombay ke dalam air di alat masak yang bernoda gosong. Lalu rebus selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan sabun, maka noda kerak gosong pada peralatan masak Anda akan sirna dengan mudah. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here