5 Cara Memutihkan Ketiak yang Berwarna Hitam

0
21

Kota, Pati – Ketiak merupakan daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu. Ketiak termasuk salah satu bagian kulit yang sensitif dan terasa geli bila digelitik. Di dalam kulit ketiak terdapat banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang nantinya akan tumbuh menjadi rambut di ketiak.

Bulu ketiak itu sendiri bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap bakteri dan kotoran yang dapat masuk melalui ketiak. Namun karena bulu ketiak dianggap mengganggu pemandangan dan mengurangi keindahan penampilan seseorang maka banyak yang mencukur bahkan mencabut buu ketiaknya, terutama para wanita.

Namun pencukuran bulu ketiak yang tidak tepat justru dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam. Selain itu penggunaan deodorant untuk mengurangi bau badan juga dapat menghitamkan kulit ketiak, hal itu disebabkan karena deodorant mengandung alkohol.

Baca juga : Sering Disepelekan, Ternyata Pohon Ciplukan Mempunyai Banyak Manfaat

Tentunya bagi seorang wanita pasti tidak ingin kulit ketiaknya menjadi hitam. Maka dari itu, berikut ini kami sajikan cara-cara memutihkan kulit ketiak secara praktis dan murah dengan bahan-bahan alami di bawah ini.

  1. Menggunakan madu dan mentimun

Kita dapat memutihkan kulit ketiak dengan memakai madu dan mentimun. Caranya cukup mudah, yaitu ambil 1/2 buah mentimun, kupas kulitnya, lalu tumbuk kasar. Campurkan timun dengan 3 sendok makan madu hingga merata. Balurkan kedua bahan tersebut secara merata pada ketiak dan gosok-gosok selama kurang lebih 5 menit. Kemudian diamkan hingga 10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

  1. Menggunakan kulit jeruk

Sebelum menggunakan kulit jeruk untuk untuk memutihkan ketiak, sebaiknya jemur terlebih dahulu kulit tersebut selama beberapa hari. Setelah kulit jeruk kering, maka campurkan sedikit susu dan air mawar pada. Oleskan pada ketiak selama 10 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Menggunakan kunyit

Selain digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan, kunyit merupakan salah satu rempah yang mempunyai manfaat untuk kecantikan. Pasalnya kunyit dipercaya dapat menghilangkan flek hitam, memutihkan kulit wajah, hingga kulit ketiak. Untuk pemakaiannya cukup mudah. Campur 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok madu, lalu aduk hingga rata. Oleskan semua bahan pada ketiak selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Apa yang Tepat? Makan Nasi Dulu atau Buah?

  1. Menggunakan bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sejak dulu telah dipercaya untuk memutihkan kulit seperti kulit ketiak. Caranya yaitu parut 1 buah bengkoang hingga halus. Gosokkan langsung hasil parutan ke kulit ketiak selama beberapa menit. Lalu diamkan hingga kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Menggunakan lemon/jeruk nipis

Vitamin C dan kandungan asam yang terdapat pada lemon/jeruk nipis dapat melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati di ketiak. Caranya sangat mudah yaitu cuci bersih buah lemon/jeruk nipis, lalu iris-iris dan gosokkan pada kuli  ketiak. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan rutin setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here