Meski Menjijikkan, Namun Telur Kodok Ternyata Memiliki Banyak Khasiat

0
905

Kota, Pati – Bagi banyak orang tentu hewan yang satu ini sangat menjijikkan. Apalagi telurnya, telurnya yang berbentuk gumpalan lendir ini membuat orang merasa mual bila melihatnya. Telur kodok berwarna hitam dan diselubungi lendir putih yang sebenarnya adalah cangkangnya. Namun siapa sangka kalau telur kodok memiliki kandungan gizi yang berlimpah dan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Memang ada pro kontra dalam mengonsumsinya, sebab hewan yang satu ini hidup di dua alam yaitu air dan darat. Sehingga bagi umat Islam kodok diharamkan bila dimakan. Namun untuk keperluan medis dan kosmetik, pada dasarnya telur ini sebagaimana bahan herbal lainnya. Telur kodok boleh saja dimakan, asal kita benar-benar membutuhkan untuk proses penyembuhan dan setelah tak ada obat lain. Namun untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, lebih baik manfaatkanlah telur kodok untuk pengobatan luar tanpa harus memakannya.

Di bawah ini merupakan beberapa khasiat dari telur kodok yang dapat Anda manfaatkan, di antaranya :

  1. Mengobati bisul

Dahulu bisul biasa menyerang banyak orang terutama anak-anak pedesaan. Hingga kini bisul tetap dialami oleh sebagian orang meski intensitasnya tak sebanyak dulu. Untuk menyembuhkannya, kita dapat memanfaatkan telur kodok. Kita tak perlu repot mencari sarang kodok karena kini di apotek telah menyediakan dalam bentuk kemasan.

Baca juga : Manfaat Bekicot untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Menghilangkan flek hitam

Lendir dari telur kodok dipercaya dapat menghilangkan flek secara permanen. Dunia farmasi kini juga telah mulai melirik manfaat dari lendir telur kodok ini untuk pengobatan kecantikan.

3Menyembuhkan luka serius dan memudarkan bekasnya

Lendir dari telur katak ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan bekasnya. Sebuah studi dari University of Strathclyde menemukan bahwa lendir katak mengandung protein yang mampu melindungi telur dari kuman, bakteri, dan gangguan lingkungan lainnya. Selain itu para peneliti juga mengungkapkan bahwa telur katak dapat digunakan untuk penyembuhan luka yang serius. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here