Pakaian Adat Pati dan Sambutan Bahasa Jawa, Warnai Peringatan Hari Jadi ke 695 Kabupaten Pati

0
23

Kota, Pati – Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan Forkopimda Pati, melaksanakan upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-695, yang berlangsung di alun-alun Simpang Lima Pati, Selasa (7/7).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Bupati dan Forkompimda berbusana pakaian adat Pati saat mengikuti upacara dan yang berbeda lagi, Bupati Haryanto memberikan sambutan upacara dengan menggunakan bahasa Jawa.

Dalam sambutannya Bupati menyinggung berbagai sektor yang sudah ditingkatkan dalam kepemimpinan kurun waktu satu tahun ini, bersama Wakil Bupati Saiful Arifin. Mulai dari sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM pariwisata dan lainnya, telah mengalami peningkatan.

“Sedangkan sektor perikanan, peternakan pertanian, pariwisata memang menjadi skala prioritas kami. Namun untuk infrastruktur dan yang lainnya tentunya tidak kami kesampingkan,” ungkap Haryanto dalam sambutannya.

Baca juga : Bupati Pati Haryanto Angkat Bicara Mengenai Tuntutan Normalisasi Sungai Juwana

Bupati juga berharap agar kepemimpinannya bersama Wakil Bupati di tahun – tahun selanjutnya dapat membawa Pati lebih maju.

“Mudah- mudahan didoakan saja di tahun yg pertama menginjak tahun kedua ini saya bersama pak Wakil Bupati bisa membawa Pati menjadi lebih maju sehingga berbagai cara mendatangkan investor dan menggali sektor sektor potensial yang dimiliki kabupaten Pati,” harap Bupati.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan, ia optimis Pati dapat lebih maju. Mengingat Pati punya segala macam potensi di sektor kelautan, pertanian industri dan yang lainnya. “Sehingga kita bisa memaksimalkan potensi tersebut. Mudah mudahan dengan potensi yang mendukung tersebut menjadikan Pati lebih makmur dan sejahtera,” imbuh kepala daerah berkumia tebal itu.

Ketika disinggung penggunaan sambutan upacara dengan bahasa Jawa, Bupati pun menjawab penggunaan bahasa jawa ini sebagai bentuk uri- uri atau melestarikan budaya Jawa. “Saya sudah berupaya untuk menjadikan bahasa Jawa ini tertuang dalam Peraturan Bupati dengan kurikulum muatan lokal di sekolah. Sehingga sedikit demi sedikit bahasa Jawa ini menjadi bahasa keseharian kita sebagai warga Pati,” tegas ayah dari dua putri ini.

Baca juga : Selama di Pimpin Bupati Haryanto, Pati Tiga Kali Berturut-turut Dapatkan WTP dari BPK

Usai upacara, Bupati dan Wabup serta Forkompimda dan seluruh Kepala OPD memberikan santunan anak yatim di Alun alun Pati. Selanjutnya, rombongan Forkompimda dan Kepala OPD melakukan ziarah bersama di makam Adipati Tombronegoro. Rangkaian prosesi Hari Jadi Kabupaten Pati hari ini, juga dimeriahkan dengan lomba menyanyi yang diikuti oleh  Forkompimda dan Kepala OPD bertempat di Pendopo Kabupaten Pati. (po1/PO/MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here