Waspada! Inilah Beberapa Makanan Penyebab Alergi

0
11

Kota, Pati – Pernahkah Anda mengalami alergi setelah mengonsumsi makanan? Alergi makanan merupakan bentuk dari reaksi sistem kekebalan yang terjadi segera setelah makan makanan tertentu. Pada orang yang terkena alergi, sistem kekbalan tubuh salah mengenali protein makanan sebagai zat yang berbahaya. Pada beberapa orang, alergi makanan dapat memberikan reaksi hingga mengancam jiwanya, reaksi tersebut dinamakan anafilaksis. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi :

  1. Susu sapi

Alergi susu sapi biasanya menyerang pada anak-anak, dan akan sembuh setelah anak mencapai usia 4 tahun. Protein kasein dan beta-lactoglubin dikenal sebagai alergen utama dari susu. Bagi mereka yang menderita intoleran susu sapi, reaksi yang akan timbul seperti perasaan mual, sakit perut, dan nyeri.

  1. Telur

Alergi telur juga biasa menyerang anak-anak dan akan sembuh setelah anak mencapai usia 5 tahun. Hal ini tidak terjadi pada semua anak, namun biasanya dialami oleh anak-anak yang sudah lebih dulu mempunyai sakit gatal-gatal di bagian kulit. Itulah sebabnya mengapa anak tersebut bersensitivitas tinggi terhadap telur.

Baca juga : Inilah Manfaat Madu Murni yang Jarang Diketahui

  1. Kacang

Meskipun orang yang menderita kacang ini sangat sulit ditemukan, namun bila ada orang yang menderita alergi kacang, maka dapat menyebabkan masalah yang serius hingga kematian. Kacang-kacangan bisa menyebabkan reaksi alergi seperti sakit perut dan ruam kulit. Bahkan, kacang kedelai yang dikenal bergizi pun bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti stomatitis, diare, kembung, dan sakit perut.

  1. Makanan laut

Alergi makanan laut biasanya berlangsung sumur hidup. Beberapa makanan laut yang menimbulkan alergi ialah kepiting, tiram, udang, dan kerang. Udang memiliki kandungan tinggi akan protein dan akan sangat memungkinkan membuat pengonsumsinya mengalami gatal-gatal yang disertai dengan bercak merah. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here