Meski Berasal Dari Sampah, Wedang Khas Yogyakarta Ini Sangat Menyehatkan

0
8

Kota, Pati – Wedang uwuh merupakan minuman yang banyak mengandung manfaat. Bagi orang luar Yogyakarta, mungkin minuman ini masih terdengar asing, namun minuman yang mempunyai rasa pedas, manis, dan asam ini sangatlah populer di tempat asalnya. Bahan-bahan pembuatan wedang uwuh juga sangatlah unik, yakni dari sampah daun dan kayu. Tidak hanya nikmat, namun wedang uwuh mempunyai banyak manfaat. Beberapa manfaat dari wedang uwuh di antaranya adalah :

  1. Menurunkan kolesterol

Wedang uwuh dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan karena wedang uwuh yang terbuat dari jahe ini dapat menyerap kolesterol dalam hati dan darah. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

  1. Menghilangkan nyeri

Selain jahe, wedang uwuh juga terbuat dari pala. Pala memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung.

Baca juga : Inilah Manfaat Madu Murni yang Jarang Diketahui

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari wedang uwuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab wedang uwuh yang terbuat dari beberapa ramuan herbal alami ini mengandung banyak antioksidan.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan pala dan secang dalam minuman ini juga sebagai obat alami untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here