5 Manfaat Balsem Gosok Selain Meredakan Pegal-Pegal yang Belum Diketahui Banyak Orang

0
6

Kota, Pati – Balsem gosok merupakan salah satu obat yang tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Balsem gosok terkenal digunakan sebagai pereda gangguan kesehatan ringan. Seperti pegal-pegal, gatal, sakit perut, sakit kepala, hingga digigit serangga.

Ternyata manfaat dari balsem gosok tidak hanya yang disebutkan di atas. Namun obat yang terbuat dari campuran menthol, camphor, minyak eucalyptus, minyak dauncedar, minyak nutmeg, dan thymol ini ini memiliki beragam manfaat lain yang jarang diketahui orang. Di antaranya:

  1. Sebagai pereda sinus

Bagi orang yang menderita sinus, kandungan mentol pada balsem ternyata sangat ampuh untuk meredakan penyakit pada saluran nafas tersebut. Caranya ialah dengan mengoleskan balsem di bawah hidung, lalu tarik nafas dalam-dalam.

  1. Penghilang stretch mark

Bagi wanita yang sudah melahirkan, tentu sering mengalami masalah munculnya garis-garis hitam di badan terutama di kulit perut mereka, yang disebut dengan stretch mark. Tidak hanya itu, stretch mark juga sering dialami oleh orang yang bertubuh gemuk. Namun sekarang Anda tak perlu khawatir, sebab balsem juga dapat menghilangkan serta menghaluskan kulit.

Baca juga : Beberapa Kulit Buah Berikut Ternyata Kaya Akan Manfaat

  1. Sebagai pengusir nyamuk

Beberapa obat pengusir nyamuk sebenarnya tidaklah baik bagi sistem pernafasan kita sebab bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Ternyata untuk mengusir nyamuk kita dapat mengoleskan balsem di beberapa area tubuh karena nyamuk tidak menyukai aroma mentolnya yang menyengat.

  1. Sebagai obat jerawat

Balsem terbukti dapat menghilangkan jerawat dari kulit wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan balsem pada jerawat selama beberapa kali dalam sehari. Maka jerawat akan mengering dan hilang dari kulit wajah.

  1. Penghilang memar di kulit

Manfaat lain dari balsem adalah dapat menghilangkan luka memar di kulit. Jika Anda mengoleskan balsem dan garam pada luka memar, maka memar akan menghilang dengan cepat. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here