Ternyata Inilah Mitos Seputar Makanan yang Keliru Dipercaya Orang

0
3

Kota, Pati – Ada begitu banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat mulai dari zaman dulu hingga sekarang. Mitos tersebut terutama yang terkait dengan makanan. Banyak orang yang meyakini bahwa mengonsumsi telur mentah sangat baik untuk kesehatan. Padahal mengonsumsi telur yang belum dimasak dengan benar-benar matang dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Tidak hanya telur, berikut ini beberapa mitos seputar makanan yang sering beredar dan dipercaya oleh masyarakat.

  1. Mengonsumsi telur mentah

Salah satu kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat adalah mengonsumsi telur mentah sangatlah baik untuk kesehatan. Padahal telur mentah tidak selalu bisa memberikan dampak positif. Sebab telur mentah ternyata termasuk dalam makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Selain itu mengonsumsi telur mentah yang didalamnya masih terkandung bakteri juga berpotensi terkena berbagai macam penyakit seperti penyakit tifus.

  1. Minum air kelapa muda saat hamil

Banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi kelapa muda saat hamil dapat membuat bayi memiliki kulit yang putih. Padahal warna kulit pada bayi tergantung pada genetik/keturunan dari orang tuanya. Namun mengonsumsi kelapa muda saat hamil juga sangat baik sebab air kelapa mengandung vitamin C dan elektrolit tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Baca juga : 5 Manfaat Balsem Gosok Selain Meredakan Pegal-Pegal yang Belum Diketahui Banyak Orang

  1. Mengonsumsi ikan saat menyusui membuat ASI amis

Beberapa dari ibu menyusui sangat takut mengonsumsi ikan karena khawatir ASInya menjadi amis. Padahal ikan adalah salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan laut, terutama ikan laut penting untuk perkembangan otak bayi, penguatan dinding sel, mencegah jantung koroner dan mengotrol kolesterol dalam darah.

  1. Makan salak menyebabkan sembelit

Ketika Anda sedang diare maka salak memang dapat menghentikan diare secara alami. Sehingga muncul anggapan bahwa makan salak membuat Anda terkena sembelit. Padahal hal tersebut sama sekali tidak benar. Bahkan mengonsumsi salak bersama kulit arinya justru bisa menghindarkan Anda dari sembelit. Sebab kulit ari mengandung banyak serat.

  1. Mengonsumsi alpukat membuat tubuh menjadi gemuk

Kandungan lemak dalam alpukat memang sangat tinggi. Tapi jangan takut dulu, sebab kandungan lemak pada alpukat justru menyehatkan, terutama untuk jantung. Sebenarnya yang membuat gemuk bukan daging buah alpukat namun campurannya, seperti gula atau susu. (Diolah dari berbagai sumber)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here