Munas Lapmi ke-VIII Diharapkan Dapat Melahirkan Ide dan Gagasan Perkaderan

0
42

Jember – Pada 8 sampai 12 September-Oktober 2018 mendatang Bakornas Lapmi PB HMI akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Munas Lapmi) ke-VIII & Workshop Literasi Media di Wisma Sejahtera Jalan Ketinting Selatan No. 77 Surabaya.

Adapun agendanya adalah melakukan re-organisasi secara menyeluruh serta meningkatkan peran Bakornas Lapmi PB HMI di kancah nasional, mengakomodir persoalan internal dan eksternal sebagai landasan kebijakan organisasi serta menjalin ukhuwah silaturahmi antar kader dan alumni HMI. Selain juga mengevaluasi perjalanan kepengurusan dan pastinya soal pemilihan direktur utama yang masih dijabat oleh Muhammad Sofa.

Direktur Utama Lapmi HMI Cabang Jember Redianto mengatakan, bahwa Munas Lapmi bukan soal perebutan kekuasaan. Tetapi lebih daripada itu sebagai ajang untuk pertarungan gagasan dan program-program yang direkomendasikan kedepannya.

“Munas Lapmi ke-VIII dan Workshop Literasi Media nantinya diharapkan mampu melahirkan gagasan-gagasan baru dan lebih mengedepankan aspek intelektualitas dari pada hanya dijadikan momentum politik untuk memperebutkan posisi strategis direktur utama,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (29/8).

Baca juga : Peringati Hari Anak, OPD Kabupaten Pati Adakan Sosialisasi Anti Kekerasan pada Anak

Karena itu, lanjut Redi, yang harus disadari oleh semua peserta utusan dan peninjau Munas tersebut adalah politik gagasan yang sudah menjadi kebutuhan dan harus dilakukan di internal organisasi HMI. Harus memaknai perkaderan sebagai jantungnya organisasi. “Tidak boleh terjadi pergulatan konflik politik di arena Munas itu,” imbuhnya.

Sementara Ketua Bidang Pengembangan Profesi HMI Cabang Jember Abdus Syukur menambahkan, keberadaan lembaga keprofesian di HMI itu sangat penting bagi para kader. Maka forum Munas itu harus betul-betul sesuai gagasannya sehingga keberlangsungan Munas menjadi titik balik kebangkitan HMI.

“Saat ini minat berorganisasi mahasiswa itu rendah, termasuk ber-HMI. Maka dari itu kita harus menanggalkan kepentingan-kepentingan pribadi kita. Apalagi ambisi kekuasaan yang tidak memihaki perkaderan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here