Mengapa Kita Wajib Mematikan Lampu Saat Tidur?

0
12

Kota, Pati – Tidur di malam hari merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan demi mengembalikan stamina tubuh setelah seharian beraktivitas. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur di malam hari, maka kita harus menerapkan beberapa aturan tidur yang baik, salah satunya adalah mematikan lampu saat tidur.

Ternyata dengan mematikan lampu, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang mengejutkan. Inilah 3 manfaat yang kita dapatkan dari tidur dengan  lampu mati.

  1. Tidur menjadi lebih nyenyak

Ketika Anda tidur dalam kondisi lampu dimatikan, maka tidur akan menjadi lebih nyenyak. Sebaliknya, cahaya lampu yang dinyalakan saat tidur justru dapat mengganggu tidur Anda.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Mematikan lampu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu disebabkan karena produksi hormon melatonin menjadi meningkat. Hormon melatonin merupakan hormon kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memerangi berbagai penyakit termasuk kanker. Hormon ini akan diproduksi oleh tubuh secara maksimal dalam keadaan gelap.

Baca juga : 5 Kebiasaan Unik yang Hanya Kita Jumpai di Indonesia

  1. Mencegah obesitas

Menurut penelitian, tidur dalam kondisi gelap ternyata dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh sehingga mencegah Anda dari obesitas. Hal tersebut juga diakibatkan karena hormon melatonin yang bersifat merangsang produksi lemak beige. Lemak beige ini merupakan lemak yang bersifat membuang kalori pada tubuh. (Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here