Kemarau Panjang, Petani Tambak Udang Terancam Gagal Panen

Reporter : Agus Riyanto

0
27
Foto : Sumarno (paling kiri) di tambak udang miliknya/Mitrapost.com/Agus Riyanto

Juwana, Pati – Kemarau panjang tahun ini mengakibatkan para petani udang panami di daerah Bakaran Wetan Kabupaten Pati terancam gagal panen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sumarno salah satu petani udang panami warga Bakaran Wetan, semenjak musim kemarau panjang ini dirinya tidak pernah mendapatkan hasil panen.

“Semua petani sangat resah dengan keadaan cuaca panas seperti ini, saya sendiri sudah tiga kali dalam setahun ini tidak merasakan hasil panen karena udang banyak yang mati,” ungkapnya kepada Mitrapost.com pada Rabu (31/10).

Baca juga : Petani Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah dengan Memanfaatkan Limbah Sosis

Lanjut Sumarno, disamping air tambak yang terlalu asin akibat cuaca yang panas, hal itu sangat berdampak pada perkembangbiakan bibit udang panami.

“Karena tidak pernah diguyur dengan air hujan, air tambak menjadi sangat asin dan berdampak pada bibit udang. Kalau tidak kuat dengan air asin, udang pasti akan mati dan yang bertahan hanya beberapa ekor saja itupun perkembangannya juga tidak normal,” imbuhnya.

Petani yang biasanya meraup keuntungan besar 4 sampai 5 kali panen dalam setahun. Pada musim kemarau yang panjang ini, petani tidak mendapatkan hasil bahkan bisa dikatakan rugi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here