Kemendagri Wajibkan Bapemperda Konsultasi Tatib ke DPRD DKI Jakarta

Reporter : Cri Hery Pujiono

0
15

Kota, Pati – Kementrian Dalam Negeri wajibkan Bapemperda DPRD Pati untuk berkonsultasi mengenai pembahasan perubahan Undang-undang Tata Tertib (Tatib) ke DPRD DKI.

Hal tersebut dikarenakan DPRD DKI Jakarta tengah membahas perubahan Tatib sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018.

“Arahan yang diberikan Kemendagri pada kami diharuskan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan DPRD DKI Jakarta setempat,” ujar Ketua Bapemperda DPRD Pati, Bambang Susilo kepada Mitrapost.com pada Kamis (08/11).

Selain itu, pihaknya mengungkapkan telah benar-benar maksimal dalam menjabarkan perubahan tatib sesuai dengan kondisi di daerahnya. Contohnya seperti pasal yang mengatur pelaksanaan pemilihan pengganti terhadap bupati atau wakil bupati yang berhalangan hadir.

Baca juga : Bapemperda Kaji Ulang Tata Tertib DPRD Kabupaten Pati

”Karena itu apa yang sudah dirumuskan Bapempeda DPRD Pati, benar-benar maksimal untuk menghindari celah kelemahan regulasi tentang proses pemilihan penggantinya,’’ ujarnya.

Pihaknya cukup optimis jika perubahan tatib tersebut hendak ditindaklanjuti pembahasannya dalam paripurna internal anggota DPRD. Meski dengan sisa waktu yang tersedia upaya konsultasi tidak bisa dilakukan dengan maksimal, namun tetap bisa ditindaklanjuti pembahasannya di tingkat Bapemperda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here