Penjelasan KPU Terkait Regulasi Perbedaan Pemasangan APK

Reporter : Agus Riyanto

0
14
Supriyanto (ujung kiri), Divisi Teknis KPU saat Rakor Penataan dan Penertiban Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Atribut Partai Dalam Pemilu 2019/Mitrapost.com/Agus Riyanto

KOTA, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadiri Rapat Koordinasi Penataan dan Penertiban Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Atribut Partai Dalam Pemilu 2019. Acara berlangsung di Ruang Rapat Komisi A DPRD Pati, pada Sabtu (1/12).

Terkait dengan adanya pencopotan APK yang tidak sesuai denga peraturan, Komisi A DPRD Pati menggelar rapat koordinasi tersebut, dikarenakan banyak peserta pemilu yang memperdebatkan tentang aturan pemasangan APK dan atribut partai. 

Menurut Supriyanto, Divisi  Teknis Penyelenggara KPU Pati, pihaknya menjelaskan terkait dengan adanya perdebatan pemasang APK antar peserta pemilu bahwa sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam PKPU itu sudah jelas. 

Baca juga : Komisi A DPRD Pati Gelar Rapat Koordinasi Bersama Panwaslu, Bahas Penertiban dan Penataan APK

“Bahwa dalam aturannya, sesuai dengan PKPU 23/2018 tentang kampanye pemilu 2018. Dijelaskan adanya larangan atau hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam pemasangan APK. Yaitu, di tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit termasuk dibagian pelayanan. Fasilitas milik pemerintah, meliputi gedung maupun tempat pendidikan.” Ungkapnya.

“Kemudian, pemasangan di sekitar jalan protokol juga tidak diperbolehkan. Dijalan bebas hambatan atau TOL, sarana dan prasarana publik, dan atau taman kota. Serta, di pepohonan juga tidak diperkenankan,” lanjutnya.

Dalam hal tersebut, komisi A dan seluruh penyelenggara pemilu 2019 untuk menegaskan peraturan sesuai dengan regulasi yang berlaku kepada seluruh peserta pemilu agar adanya kesamaan tentang peraturan kampanye tersebut. Sehingga tidak ada lagi yang memperdebatkan aturan pemasangan alat peraga kampanye. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here