Akibat Pelecehan Seksual Kepada Anak, Sang Ibu Minta Hak Asuh Anaknya

0
9

PATI – Akibat perceraian orangtua, seorang anak warga Kabupaten Pati alami pelecehan seksual oleh bapaknya. Menindaki hal tersebut sang ibu meminta kembali hak asuh terhadap anaknya. 

Ibu berinisial M itu mendapat laporan dari putri sulungnya (12) dan mantan adik ipar terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh mantan suaminya kepada sang anak. Kini, putri sulungnya melarikan diri ke rumah mantan adik iparnya di Yogyakarta. 

“Kejadian ini merupakan imbas dari perceraian saya dengan suami. Saat proses perceraian, saya mengikhlaskan hak asuh jatuh di tangan suami. Akan tetapi saya kecewa saat tahu anak yang paling besar pergi dari rumah karena percobaan pencabulan,” kata M, pada Minggu (2/12)

Baca juga : Melalui Seminar, Masyarakat Pati Diimbau Tidak Mendiskriminasi ODHA

Dari pengakuan M, pihaknya mengatakan bahwa mantan adik ipar sudah melaporkan perkara tersebut ke kepolisian sebelum dirinya meminta bantuan kepada Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Laporan tersebut yakni untuk menyelamatkan putrinya (7) tahun dan putra (9) yang masih dalam asuhan sang ayah serta meminta kembali hak asuh anak. 

“Sebelum saya mengambil tindakan, tantenya sudah melaporkan ke Polres Pati. Akan tetapi, masa banding mengajukan hak asuh sudah habis meski sudah menempuh proses panjang. saya juga dudah ke Dinas Sosial bagian perlindungan anak, namun itu juga menemui jalan buntu,” ungkap M.

Sementara itu, M mengaku sulit untuk mendapatkan bukti perkara dan saksi atas dugaan kasus tersebut. Namun, ia yakin penuturan dari anaknya tidak ada unsur rekayasa karena usianya masih sangat muda. 

Pihaknya berharap, atas langkahnya mengadukan kasus tersebut LPAI ia dapat mendapatkan kembali hak asuh anak-anaknya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here