Guna Mengelola Ketahanan Pangan, Komisi B DPRD Pati Lakukan Studi Banding

0
12

Kota, Pati – Peningkatan produksi pangan yang terus-menerus diupayakan oleh pemerintah, namun tidak diiringi dengan adanya jaminan daya tampung oleh pasar menyebabkan harga tawar pada para petani menjadi anjlok.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, HM. Sukarno mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan study banding guna mengelola ketahanan pangan tersebut.

“Untuk menjawab permasalahan tersebut saya melakukan study banding. Sebab dengan kondisi produksi yang terus melimpah, maka petani akan makin terpuruk,” ujarnya kepada wartawan.

Lanjut HM. Sukarno, hal tersebut dikarenakan belum adanya jaminan dari pemerintah dalam mengelola produk pangan.

Baca juga : Anggota Komisi A DPRD Pati Lanjutkan Sidak ke Desa Alasdowo

“Jika hal itu sudah dikaitkan dengan otonomi daerah, maka jaminan bahwa produksi pangan dapat terserap secara maksimal rasanya sulit untuk bisa diwujudkan,” imbuh HM. Sukarno.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka daerah harus mempunyai terobosan agar produk pangan mendapat tempat di daerah sendiri.

“Bentuk terobosan tersebut minimal adalah mengubah barang mentah menjadi barang olahan, sehingga mempunyai nilai tambah. Itulah salah satu bentuk terciptanya ketahanan pangan di daerah,” pungkasnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here