Bupati dan Jajaran DPRD Pati Gelar Rapat Perubahan Raperda Tentang Pajak Daerah dan Peternakan

Reporter : Agus Riyanto

0
12
Sambutan Bupati Pati Hariyanto saat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati/Mitrapost.com/Agus Riyanto

Kota, Pati – Bupati Haryanto dan jajaran DPRD Pati menggelar rapat paripurna dalam rangka penjelasan perubahan raperda Kabupaten Pati No. 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah dan Raperda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan. Rapat digelar di Gedung DPRD Pati, pada Rabu (5/12).

Rapat Sidang paripurna dipimpin oleh Ali Badrudin ketua DPRD Kabupaten Pati di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Pati. Kegiatan tersebut membahas 2 raperda, yakni perda tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan dan perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pati No.3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah. 

Dalam sambutan Bupati Haryanto pada rapat tersebut, pihaknya mengatakan bahwa pembentukan raperda tersebut  merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Serta, menciptakan kebijakan dibidang pajak daerah, guna meningkatkan kemandirian daerah dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. 

Baca juga : Akhiri Tahun 2018, DPRD Pati Adakan Rapat Gabungan

“Pembentukan raperda tentang penyelenggaraan peternakan dan kesehatan hewan merupakan upaya pemerintah Kabupaten Pati dalam rangka melindungi dan meningkatkan kualitas sumber daya hewan. Menyediakan pangan yang aman, sehat, utuh dan halal. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, hewan dan lingkungan. Serta, meningkatkan kesejahteraaan masyarakat,” terangnya. 

Sementara itu, ruang lingkup pengaturan penyelenggaraan peternakan meliputi, Lahan, air, bibit, benih dan bakalan, Pakan, Alat dan Mesin Peternakan, Budi daya, Panen, Pasca panen, Pemasaran, serta Industri Hasil Peternakan.

Sedangkan, tentang raperda pengaturan kesehatan hewan meliputi, pengendalian penyakit hewan, obat hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Kesejahteraan Hewan, Otoritas Veteriner Daerah, dan Dokter Hewan Berwenang. 

Otoritas veteriner dalam hal ini yakni mengatur penguatan fungsi pelayanan kesehatan hewan dan tenaga kesehatan hewan. 

Baca juga : Guna Mengelola Ketahanan Pangan, Komisi B DPRD Pati Lakukan Study Banding

Kemudian, perubahan Perda Kabupaten Pati No.3 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah perlu dilakukan perubahan sebagai upaya untuk mendorong efektifitas pelaksanaan kebijakan pajak daerah. Baik melalui perluasan objek pajak, penyesuaian tarif pajak, dan pengecualian terhadap objek pajak.

“Perluasan sasaran obyek pajak meliputi pajak hotel, pajak mineral bukan logam dan batuan. Sementara itu, penyesuaian batas nilai yang tidak dikenakan pajak adalah pajak restoran, perluasan obyek yang tidak dikenakan pajak adalah pajak reklame, serta penyesuaian tarif pajak parkir,” jelas Haryanto. (Adv).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here