Program KIS Bantu Ringankan Beban Biaya Kesehatan Rakyat 

0
28
Ibu Erawati (26), salah satu penerima kartu jaminan kesehatan KIS dari pemerintah/Mitrapost.com/Redaksi

Kota, Pati – Ibu Erawati salah satu penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) akhirnya menggunakan kartu KIS untuk biaya proses persalinan anak kedua.

Ibu muda 26 tahun tersebut sempat ragu dan takut untuk memakai KIS yang sudah diterimanya sejak tahun 2015.

“Waktu itu masih belum tau bagaimana cara penggunaanya, jadi berbekal kartu KIS, identitas diri dan tanya tetangga-tetangga yang sudah pernah memakai kartu tersebut, saya dan suami berangkat ke Puskesmas. Agak ketakutan juga sebetulnya, cemas karena takut kalau ditolak pihak puskesmas” ujarnya.

Diketahui dari Ibu Erawati, meskipun menggunakan KIS pihaknya tetap dilayani di pusat layanan kesehatan setempat dengan baik. Selain itu, berkat menggunakan kartu jaminan kesehatan dari pemerintah tersebut pihaknya tidak mengeluarkan biaya apapun. 

“Semua proses juga berjalan dengan mudah dan lancar, mulai dari konsultasi oleh bidan, cek laboraturium dan pemberian obat dari awal periksa sampai melahirkan semuanya benar-benar gratis,” akunya.

Baca juga : Operasi Mata Gratis dari Program JKN-KIS

Selain menggunakan KIS saat proses persalinan anak keduanya, Ibu Erawati juga menggunakan KIS untuk kontrol kehamilan setiap bulannya. 

Program KIS dari pemerintah ini sangat membantu meringankan beban biaya kesehatan yang harus ditanggung oleh pihak yang kurang mampu. Oleh karena itu, Ibu Erawati berharap agar program KIS ini dapat berjalan dengan lancar karena sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tidak mampu untuk berobat.

“Dulu sebelum ada program JKN-KIS mau ke dokter saja harus berpikir berulang kali. Jangankan untuk berobat, untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah mepet keuangannya,” pungkasnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here