Tidak Terima Kekalahan Selisih 2 Suara, Begini Tanggapan Komisi A DPRD Pati

Reporter : Agus Riyanto

0
28
Pilkades Serentak 2018 di Desa Kebonsawahan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati (15/12)/Mitrapost.com/Agus Riyanto

Kota, Pati – Komisi A DPRD Pati Turut menanggapi perhitungan ulang hasil Pilkades serentak 2018 di Desa Kebonsawahan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati oleh Cakades Iwin Yudaningsih di Mapolsek Juwana kemarin. 

Pilkades serentak yang digelar pada 15 Desember 2018 kemarin, salah satunya di Desa Kebonsawahan menuai kontroversi akibat salah satu calon yang tidak terima dengan kekalahannya. Sehingga, pendukung calon tersebut mengajukan perhitungan ulang karena terdapat selisih 2 suara.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Pati, Adji Sudarmadji mengatakan bahwa pihak yang bersangkutan diperbolehkan mengajukan perhitungan ulang namun harus mengikuti prosedur.

“Boleh mengajukan perhitungan ulang, namun harus sesuai ketentuan. Yakni, pengajuan disampaikan secara tertulis kepada Panwascam dalam kurun waktu 3 hari setelah pemungutan suara akan tetapi hal tersebut tidak menghambat proses pelantikan calon kepala desa,” terangnya kepada Mitrapost.com pada Senin (17/12).

Baca juga : Buang Sampah Sembarangan Bisa Kena Sanksi Kurungan

Setelah Panwascam memproses ajuan tersebut ke Panwas Kabupaten, kemudian surat ajuan tersebut akan disampaikan ke Bupati dan diproses selama kurang lebih 30 hari. 

“Apabila setelah melalui proses tersebut masih belum ditemukan titik terang, maka ajuan tersebut bisa dibawa ke PTUN. Akan tetapi sekali lagi, hal tersebut tidak dapat menghalangi jalannya pelantikan calon kades,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here