Beri Uang Pada Pengemis Bisa Kena Sanksi Tipiring dan Denda

0
19

Kota, Pati – Peraturan daerah (Perda) Kabupaten pati Nomor 7 tahun 2018 tentang larangan memberikan uang kepada pengemis, gelandangan, dan orang terlantar resmi diberlakukan. Bila dilanggar, kedua belah pihak bisa ditindak pidana ringan (Tipiring) serta diberlakukan denda. 

Kepala Satpol PP Pati melalui Sekertaris Imam Rifa’i menjelaskan  pengemis yang kerap mangkal di perempatan jalan raya Kabupaten Pati  adalah warga luar kabupaten. Selain itu, pengemis yang dimaksudkan adalah orang yang sama. 

“Oleh karena itu, apabila ada laporanm atau temuan kami akan mengamankan uangnya sebagai barang bukti, lalu menyerahkannya kepada Dinas Sosial sebagai pihak yang berwenang. Sementara itu pelaku, dalam hal ini pengemis, gelandangan dan orang terlantar akan kami tahan semalam di kantor sebagai efek jera,” terangnya.

Baca juga : Gelar Operasi Pekat, Satpol PP Amankan Salon Tak Berizin

Menurut Imam, persebaran pengemis dan segala aktifitasnya sudah dikelola sedemikian rupa oelh oknum yang memanfaatkan para gelandangan, pengamen dan pengemis.

“Melihat hal tersebut, kegiatannya sudah terkoordinir. Hendaknya ada penyamaran untuk mengetahui tempat mereka mangkal,” imbuhnya.

Pemberlakuan Perda Nomor 7 ini merupakan antisipasi untuk menekan pemanfaatan anak kecil sebagai pengemis dan pengamen.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here